SOLO BELUM PASTI JADI TUAN RUMAH PIALA AFF U-16 TAHUN 2024, INILAH PENYEBABNYA

Para pemain sepak bola Indonesia U-16, saat diseleksi pelatih agar permainannya lebih berkualitas. 

SOLO (JURNALKREASINDO.COM) – Sedianya Kota Solo ditunjuk menjadi tuan rumah Piala AFF U-16 2024 yang direncanakan bakal berlangsung pada 21 Juni-4 Juli mendatang. Tetapi sebulan sebelum  turnamen berlangsung, Pemkot Solo menyatakan tidak memiliki anggaran untuk ajang tersebut. ungkapan itu dutarakan Rini Kusumandari, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Solo.

Rini menyebutkan, pihaknya belum melakukan persiapan, kendati telah mengirimkan surat ke PSSI terkait anggaran penyelenggaraan. "Kami belum menganggarkan untuk AFF ini, meski sudah sampaikan ke PSSI kita tidak ada anggaran untuk AFF ini. Harapannya bisa di support dari pusat," kata Rini kepada awak media, Selasa (21/5/2024).

Rini menjelaskan, penyelenggaraan Piala AFF U-16 berbeda dengan Piala Dunia (Pildun) U-17. Ia memprediksi anggarannya tidak terlalu besar. "Informasi sementara tidak seketat Pildun, karena ini level Asia dan U-16. Jadi dari timnya tidak sedetail Pildun. Kita sudah ketemu timnya, kalau sedetail Pildun kami anggarannya tidak ada," paparnya

Tuan Rumah

Tawaran sebagai tuan rumah itu, rencananya akan menggunakan Stadion Manahan, Stadion Sriwedari dan Stadion UNS. Sedangkan untuk latihan diadakan di Stadion Kota Barat, Lapangan Banyuanyar dan Lapangan Madya Sriwaru. Sehubungan dengan kesiapan sarana dan prasarana, Kota Solo sudah cukup siap. Sebab, lapangan dipelihara secara rutin.

Apalagi jadwal Piala AFF U-16 tersebut,  tidak berbenturan waktunya dengan kompetisi Liga 1, perwakilan AFF dijadwalkan datang untuk pengecekan venue di Solo pada 28-29 Mei nanti. Selain itu juga membicarakan  agenda visit venue dan merencakan kebutuhan apa saja yang menjadi kewajiban tuan rumah dan harus dipenuhi. (Hong)