50 PERUSAHAAN BUKA LOWONGAN, RIBUAN PENCARI KERJA KUNJUNGI UNISRI JOB EXPO 2024

 

Prof. Dr. Sutoyo (kanan) didampingi Widyastuti Pratiwiningsih, meninjau stand  perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan.

SOLO (JURNALKREASINDO.COM) – Sejumlah 50 perusahaan membuka lowongan pekerjaan digelaran Job Expo 2024 di auditorium Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta, selama 2 hari  Selasa-Rabu ((11-12/6/2024), tercatat ribuan pencari pekerjaan di hari pertama ini, baik secara online maupun ofline mengunjungi berbagai Loker lowongan pekerjaan tersebut.  

Rektor Unisri Solo, Prof, Dr Sutoyo, MPd dalamsambutannya  mengatakan, gelaran job expo tersebut bertujuan menjembatani lulusan dengan dunia kerja. “Job expo ini tidak hanya untuk lulusan mahasiswa kami, tapi juga untuk umum. Namun harapannya para alumni Unisri bisa memanfaatkan kesempatan ini bagi yang belum mendapatkan pekerjaan” katanya

Selanjutnya Sutoyo menjelaskan, job Expo yang rencananya akan digelar 2 kali setiap tahunnya itu,  merupakan keharusan bagi kampus untuk memfasilitasi lulusannya agar lebih mudah mencari pekerjaan. “Sebenarnya sejak tahun 2016 pihaknya sudah rutin mengadakan job expo setiap satu tahun sekali. Maka kami harapkan Job Expo seperti ini lebih intens’ paparnya

Pengguntingan pita, sebagai tanda dibukanya Unisri Job Expo 2024.

Lebih jauh Sutoyo mengungkapkan, Job Expo itu sebagi tugas kampus untuk tidak hanya sekedar menghasilkan lulusan saja, tetapi harus bisa memfasilitasi mendatapkan pekerjaan. “Tentu untuk pencari kerja, bukan yang menciptakan pekerjaan. Hal ini sebagai komitmen Unisri, jadi juga mencarikan rekrutmen dari perusahaan tertentu.

4, 58 persen Pencari Kerja

Para pencari kerja bisa mendaftar secara daring acara job expo tersebut juga bisa diakses melalui laman unisri.mitrakerja.id. Terdapat berbagai jenis pekerjaan untuk semua lulusan, baik itu D1-D4, S1-S2, dan SMA/SMK sederajat. Kepala UPT Unisri Solo Career Center, Sarafuddin, mengatakan para peserta yang ingin mendaftar tidak dipungut biaya.

“Sampai saat ini sudah ada sekitar 1.700 pendaftar secara daring, ini merupakan bagian dari komitmen kami untuk menyediakan atau memfasilitasi mahasiswa yang telah lulus dan mencari kerja, sehingga pengangguran bisa berkurang.  Sementara itu, Widyastuti Pratiwiningsih kepala Ketenagakerjaan Surakarta dalam pidatonya mengatakan, Job Expo ini merupakan  program Unisri yang positif.

Para pimpinan perusahaan, ketika menghadiri acara pembukaan Unsri Job Expo 2024 di Auditorium kampus setempat. 

Dimana diketahui, semua langkah ini mendorong terkuranginya pengangguran yang saat ini masih cukup banyak di Kota Surakarta, ada 4, 58 persen. Maka diharpkan dengan banyaknya dibuka Job Expo seperti ini yang tujuannya memperemukan pencari kerja dengan pmberi kerja. Hal ini sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Jadi, mismet yang sering terjadi tidak terjadi lagi.

Disini mereka  bisa  bertemu secara ofline maupun online yang difasilitasi Unisri. “ Harapan kami, kegiataan ini bermanfaat, untuk pencari kerja dan penyedia pekerjaan dapat bermanfaat bagi masyarakat Kota Surakarta. “Saat ini kami harus menangani kira-kira 13 ribu pencari kerja , mudah-mudahan dengan sekitar 2000 formasi pekerjaan bisa mengurangi pengangguran” pungkasnya. (Her)