MUHAMMAD JIBRIL MAHENDRA AKBAR, RAIH JUARA 1 KEJUARAAN MENEMBAK TANFOGLIO CUP 2024

 

Muhammad Jibril Mahendra Akbar, ketika menunjukan 2 medali emas dan perak yang dirahnya di Dikejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024.

JAKARTA (JURNALKREASINDO.COM) - Muhammad Jibril Mahendra Akbar, atlit tembak reaksi berbakat,  asal Solo ini kembali mengukir prestasi  yang ditunjukan dengan berhasil meraih Juara 1 ( satu) Standard Grade B IPSC dan Juara 2 (Dua) Standard Junior IPSC, pada kejuaraan menembak IPSC level 3 Tanfoglio Cup 2024.

Lomba tersebut  berlangsung pada tanggal 7-9 Juni  2024 di Lapangan tembak Djamsuri wing Komando Satu Kopasgad Jakarta. Lomba yang diikuti ini dalam rangka untuk persiapan menghadapi  PON XXI di Aceh 2024 mendatang. Muhammad Jibril Mahendra Akbar ini  Lahir di Surakarta, 04-September 2006, putra dari Bapak Hengky Herendra Dewantoro.

 Jibril satu-satunya  Atlit cabang Olah Raga Tembak Reaksi IPSC termuda, di Jawa Tengah dan masih duduk dibangku sekolah yang tercatat sebagai pelajar SMA Negeri 4 Surakarta dan masih berusia 17 tahun. Ia Lolos sebagai peserta atlit tembak, setelah beberapa kali mengikuti seleksi di Jawa Tengah dan masih pelajar SMA Negeri 4 Surakarta yang Lolos setelah melalui beberapa kali seleksi.

Baik di tingkat Provinsi  maupun tingkat Nasional untuk maju pada PON Ke XXI di Aceh September 2024 dalam cabang Tembak Reaksi Standard Class yang mewakili Propinsi Jawa Tengah. Prestasinya tersebut sudah nampak sejak usia balita, Jibril menunjukkan bakat Multi talenta yang besar di bidang olahraga. Berawal dari olahraga Taekwondo yang ditekuninya.

Meraih Prestasi

Berkat ketekunannya berlatih secara rutin, akhirnya menghasilkan banyak Prestasi. Sampai saat ini Jibril sudah menyandang Black Belt DAN II ( Sabuk Hitam), kemudian Jibril juga dengan mudah menguasai cabang olahraga beladiri lainnya,  seperti Juara 1 Seleksi Nasional Tarung Tradisi 2021, Juara 1 Wushu Sanda POPDA di Semarang Tahun 2022.

Bukan sampai disitu saja Jibril juga mendapatkan  Juara 1 Kick Boxing Kejurprov- Jateng Lowkick Temanggung Championship 2022, Juara 2 Sambo Junior Putra U-15 Th 2021 di Jogyakarta dan juga pernah juga mengikuti kejuaraan Jiujitsu. Beriringan dengang kegiatan olah raga itu Jibril juga menekuni olahraga Tembak Reaksi IPSC dan AAIPSC yang ditekuni sampai saat ini.

Aksi dan kepiawian Jibril dalam menembak yang ditekuninya, hingga meraih berbagai prestasi. 

Disamping itu, Jibril juga sering ikut lomba lari Half Marathon, bahkan pada akhir Juni 2024 Jibril ini akan mengikuti Lomba Lari Marathon 42 Km di Jogja, ditengah-tengah kesibukannya berkegiatan yang padat lainnya. Cabang olahraga menembak sendiri ,mulai ditekuni Jibril saat di bangku kelas 6 SD.

Prestasi kejuaraan banyak yang diraih Jibril dalam olahraga tembak reaksi di tingkat Nasional -Internasional.  Setelah mengikuti banyak perlombaan dan meraih berbagai gelar Juara. Setelah 3 kali mengikuti Seleksi PRA PON 2024 di salah satu Seleksi PRA PON 2024 Jibril pernah menjadi juara 1 pada Kejurnas PRA PON 2024 yang di adakan di Jabar.

Alhasil, Jibril lolos mengikuti PON XXI di Aceh 2024 mendatang. Lomba yang terakhir di tengah persiapannya menghadapi PON 2024 di Aceh, Jibril juga mengikuti Kejuaraan Tembak Danjen Kopassus 25 Mei 2024 meraih Juara 1 Grade B standar Division dan juara 2 Category Junior Standard Division. Hingga saat ini, Jibril telah mengumpulkan 94 Penghargaan dari berbagai macam cabang olahraga.

Contoh Gen Z

Dengan demikian, Jibril menjadi salah satu  contoh Gen Z yang berhasil mengembangkan bakat, prestasi dan akhlaknya. Disekolahnya SMAN 4 Surakarta, Jibril selain dikenal sebagai anak yang pandai bergaul, banyak teman dan aktif di kelas maupun kegiatan ekstra kurikuler, tetapi juga sebagai atlit yang sukses membawa nama harum sekolah di berbagai macam kejuaraan.

Kunci kesuksesan Jibril dimulai dari keluarga, dimana Jibril didukung oleh orang tua yang sangat mendukung  anak untuk berprestasi. Mulai dari gizi, pendidikan, hingga pengembangan kepribadian dan spiritual. Di tengah keprihatinan tentang masa depan generasi muda yang sebentar lagi menjadi kelompok terbesar penduduk Indonesia.

Maka sudah selayaknya, apa yang dilakukan Jibril dan prestasi olahraganya, bisa direplikasi dalam pengembangan anak muda Indonesia. Untuk menyongsong Generasi Emas 2045. Semua berawal dari keluarga. Dari orang tua dan anak yang kemudian menjadi gerakan yang masif diseluruh Indonesia. “Sebagai orang tua, kami support dan doakan semoga Jibril bisa membawa nama harum Jawa Tengah dan Kota Surakarta, khususnya pada PON XXI di Aceh 2024 dengan meraih medali Emas. (Hong)