UNIBA SURAKARTA GELAR GRAND LAUNCHING AND OPENING APLIKASI JAVACRAFT, ART GALLERY RESEARCH CENTER DAN GEDUNG WORKSHOP KERAJINAN LOGAM

 

Pemotongan pita sebagai tanda grand launching  and opening aplikasi javacraft, Art Gallery Research Center dan Gedung Workshop Kerajinan Logam.

 BOYOLALI (JURNALKREASNDO.COM) - Tim Kedaireka Matching Fund 2021, Universitas Islam Batik (UNIBA) Surakarta yang terdiri dari tim Dosen dari Fakultas Ekonomi: (1) Raisa A.Hamidah, S.EI.,M.SEI. (2) Dr.Ec.Dra.Hj. Istiatin, SE.,MM. (3) Fithri Setya Marwati, SE.,MM. (4) Dimas Ilham Nur Rois, SE.,M.Ak  melaksanakan serangkaian program pengembangan sekaligus peresmian Digital Marketing di UKM Kerajinan Logam Tumang, Cepogo, Boyolali, Kamis (2/12).

Dr. Ec. Dra. Istiatin, SE. MM mengemukakan, digital Marketing dan Sistem Informasi Akuntansi menjadi fokus pelaksanaan program dalam Tim Kedaireka, "untuk mempersiapkan UKM menghadapi Revolusi Industri 4.0," jelasnya di sela-sela Grand Launching and Opening Aplikasi Javacraft.

Rangkaian program itu menurut Istiatin, telah melaksanakan antara lain: Observasi dan peninjauan lapangan untuk melihat kebutuhan dan potensi masyarakat kerajinan Logam desa Tumang. "Tidak dipungkiri bahwa pandemi covid-19 juga memberikan dampak penurunan penjualan dan pendapatan oleh masyarakat," ujarnya.

Langkah ini disambut baik oleh Lurah Cepogo, Boyolali dengan menindaklanjutinya dalam kegiatan Rembug Deso yang dilaksanakan pada tanggal 18 November 2021 yang diikuti sekitar 40 UKM Kerajinan di Tumang. Pendataan seluruh UKM di desa Tumang, Cepogo, Boyolali yang akan menjadi database Kelurahan sebagai langkah konkrit untuk dapat memetakan potensi daerah Tumang dan bentuk keamanan dalam industri Kerajinan Logam.

Perbaikan gedung ART GALLERY dan gedung WORKSHOP sebagai bentuk Marketing offline yang digunakan sebagai tempat untuk meletakkan  atau display barang kerajinan, masih dibutuhkan, selain marketing yang berjalan dengan online. Mesin pembuat kerajinan juga dapat kembali digunakan, setelah dilakukan perbaikan dan pemasangan listrik oleh teknisi.

“Pelatihan Digital Marketing JAVACRAFT yang dilaksanakan pada tanggal 17 November untuk pelatihan tim internal pendamping UKM, yang diselenggarakan di UNIBA Surakarta. Diikuti oleh 45 mahasiswa dan dosen-dosen pengampu mata kuliah Manajemen, khususnya Pemasaran. (Eps)