BERI KULIAH DI UMUKA SOLO, SANDIAGA UNO : HARUS BERKONTRIBUSI MENCETAK TALENTA DIGITAL

 

Sandiaga Salahuddin Uno, memberikan kuliah umum Startup Ekonomi Digital Usaha Mikro Kecil Menengah di Umuka Solo.

KARANGANYAR (JURNALKREASINDO.COM) - Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengungkapkan, Universitas Muhammadiyah Karanganyar (Umuka ) harus turut andil dalam berkontribusi mencetak talenta digital untuk masa depan, apalagi sudah terdapat prodi yang mendukung untuk menghasilkan banyak talenta baru.

Menparekraf berharap, Umuka bisa menjadi garda terdepan dalam menghasilkan talenta digitalisasi di tengah perkembangan teknologi. Ia juga mengajak generasi muda untuk meningkatkan kecakapan digital, guna memaksimalkan potensi perkembangan ekonomi digital Indonesia. Indonesia masih kekurangan 600.000 dari total kebutuhan 9 juta talenta digital setiap tahunnya.

Ungkapan Sandiaga Uno itu diutarakan ketika memberikan Kuliah Umum Startup Ekonomi Digital Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dengan tema Strategi Informasi Membangun Usaha untuk Anak Muda di Era Digital, pada Minggu (2/6/2024) di Umuka Solo. “Kami berharap, Umuka bisa menciptakan talenta digital, mak. Umuka juga harus ada di garda terdepan’ katanya

Bersama rektor Umuka, Muh Syamsuri (paling kanan) Sandiaga Uno menjawab pertanyaan sejumlah wartawan.

Mengingat, peningkatan potensi ekonomi digital Indonesia didorong oleh berbagai hal. Pertama,  peningkatan pengguna internet pada 2023 yang mencapai 185,3 juta orang atau naik 65 persen dari tahun 2022. Dari jumlah tersebut, sebanyak 75 persen di antaranya adalah pengguna media sosial. Sementara untuk peningkatan perangkat mobile mencapai angka 353,3 juta perangkat.

Peluang dan Tantangan

Dengan jumlah tersebut, nilai ekonomi digital Indonesia termasuk di dalamnya sektor pariwisata dan ekonomi kreatif pada 2025 jumlahnya diperkirakan loncat menjadi USD130 miliar AS. “Ini menjadi sebuah peluang, tapi juga tantangan. Pertama adalah mengenai sumber daya manusia. Dibutuhkan 600.000 talenta digital per tahunnya, sementara Indonesia baru bisa menciptakan antara 100 (100.000) sampai 200.000 talenta digital,” kata Sandiaga.

Maka diharapkan, sistem pendidikan Indonesia harus bisa menciptakan 400.000 sampai 500.000 talenta digital. Sehingga Indonesia tidak hanya menjadi konsumen, namun pemain. Berdasarkan data kesiapan digital dari Cisco tahun 2021, dari 146 negara, Indonesia berada di urutan ke-73.“Kita masih ada di papan tengah, belum ada di papan atas” tandasnya

Ditengah – tengah pejabat teras Pemkab Karanganyar, dosen dan mahasiswa , Sandiaga Uno berfoto bersama. 

Padahal peringkat pariwisata kita sudah hampir tembus 20 besar, kontribusi ekonomi kreatif kita nomor tiga terbesar di dunia. Di sinilah tugas kita semua agar gebrakan menuju Indonesia Emas 2045 bisa kita ciptakan dengan mengambil peluang di ekonomi digital. “Generasi muda diharapkan bisa semakin peka terhadap tiga tren dari transformasi digital” tambahnya

Dukungan dan Kerjasama

Dengan  peningkatan peran kecerdasan buatan (AI), Internet of Things (IoT), juga Metaverse dan Web3. Selain itu terdapat tiga sektor dalam transformasi digital yang memiliki peluang besar. Yakni keamanan siber, talenta digital, dan infrastruktur digital. Kemenparekraf, siap memberikan dukungan dan bekerja sama dengan Umuka, khususnya dalam memberikan upskilling, reskilling, dan new-skilling.

Pada kesempatan itu Sandiaga Salahuddin Uno mendapatkan laporan warga Kemuning, Ngargoyoso yang mengeluhkan pengembangan wisata di kebun Teh Kemuning. Salah satu tokoh pemuda Kemuning, Wiryawan mengungkapkan, masyarakat di sekirat kebun teh Kemuning terbuka dengan pengembangan wisata di kawasan tersebut.

Namun jangan sampai mengarah pada eksploitasi. Terlebih dekat dengan pemukiman penduduk. ”Kami mendukung kalau wisatanya maju. Tapi kami ingin lingkungan kami tidak dirusak, karena saat ini di sana sudah banyak pengembangan selain lokasi wisata,” terang Wiryawan yang mendapat perhatian para petinggi karanganyar yang hadir sore itu

Menanggapi keluhan tersebut, SanSandiaga berjanji secepatnya melihat langsung kondisi kebun teh Kemuning. ”Wisata itu tidak lepas dari semua unsur air dan tanah, saya akan jadwalkan untuk mengecek Kemuning. Saya dengar kemuning saat ini menjadi salah satu wisata yang patut dikunjungi,” terang Sandiaga.

Rektor Umuka, Muh Syamsuri mengatakan kuliah umum tersebut merupakan rangkaian puncak Milad Ke-2 Umuka dengan menghadirkan Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno. Sebelumnya Umuka juga menggelar Run Funtastic 5K se-Jawa Tengah yang diikuti ratusan peserta. Event lari tersebut juga launching Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKO) di Umuka. (Hong)