MULAI BESUK ! DIGELAR FESTIVAL PASCA PENCIPTAAN 2024, SENI SEBAGAI PENGETAHUAN

 

Ahmad Mahendra (nomor 3 dari kiri) dan para panitia penyelenggara Festival Pasca Penciptaan 2024, saat memberikan keterangan kepada wartawan.

SOLO (JURNALKREASINDO.COM) – Mulai besuk, Jumat-Minggu (12-14/7/2024) Festival Pasca Penciptaan 2024 bakal digelar, dipertunjukan itu para master dan doktor bidang seni berkumpul untuk memamerkan karya mereka dalam Festival Pasca Penciptaan di lingkungan Kampus Institut Seni Indonesia (ISI) Kentingan dan Pura Mangkunegaran Solo.

Festival Pasca Penciptaan 2024 secara khusus diinisiasi oleh program pascasarjana ISI Solo dan menggandeng Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). Ungkapan itu diutarakan dalam jumpa pers, pada Rabu (10/7/2024) di Labby Teater Besar ISI Surakarta.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudnistek) terus berkomitmen memberikan dukungan untuk ruang-ruang kreativitas seni para anak bangsa. Kolaborasi dengan para kalangan pelaku seni terus dibangun agar semangat dan inspirasi berkarya tidak pupus. Dukungan kerja sama antara Kemendikbudristek dengan pemangku kepentingan seni pun terus dijaga.

Semua itu, guna memperkuat ekosistem kesenian di tanah air. Salah satu wujud nyata apresiasi dan dukungan Kemendikbudristek terhadap aktivitas pelaku seni ditunjukkan dan dengan mengusung tema "60 Tahun ISI Solo: Transformasi dan Jati Diri untuk Kejayaan Negeri". Acara  ini akan dipamerkan sejumlah karya seni terbaik mahasiswa pascasarjana ISI ke hadapan publik.

Medium Seniman

Direktur Perfilman, Musik, dan Media, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Ahmad Mahendra, menuturkan, Festival Pasca Penciptaan 2024 merupakan medium bagi para seniman, dalam hal ini mahasiswa pascasarjana ISI Surakarta, untuk menghasilkan karya yang mengutamakan nilai-nilai budaya Nusantara

Banyak ruang dari suatu karya seni yang dapat dijadikan nilai pengetahuan yang bermanfaat ke masyarakat. Melalui kegiatan kali ini, ISI Surakarta telah mengeksplorasi nilai besar sebuah budaya masyarakat Nusantara. "Semoga berbagai karya yang nanti dihasilkan dari Festival Pasca Penciptaan 2024 menjadi salah satu penguat pemajuan budaya dan seni Indonesia” katanya

 Festival ini juga menjadi ekosistem budaya yang kohesif di ISI Surakarta dalam menjaga tradisi melahirkan seniman-seniman hebat. Rektor ISI Surakarta, I Nyoman Sukerna, mengungkapkan Festival Pasca Penciptaan 2024, sebagai  ajang kolaborasi, sinergi dan komunikasi publik untuk menyampaikan kepada masyarakat, bahwa seni sebagai pengetahuan. (Hong)