UNS dan PSBI PEDULI COVID-19 BANTU UMKM

Nugroho Joko Prastowo, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Solo

SOLO (JURNALKREASINDO.COM) Salah satu bentuk kontinuitas program bersama, BI Solo berkolaborasi dengan UNS melakukan kick off implementasi QRIS di lingkungan UNS dan melakukan penyerahan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) Peduli Covid-19 untuk  UMKM, pada Kamis (26/8/2021.

Implementasi QRIS akan  dilaksanakan di semua sektor, antara lain transaksi di perpustakaan, kantin, SPBU, UNS Inn dan Medical Centre UNS sebagai terwujudnya ekosistem digital di lingkungan UNS.

Selain itu, implementasi QRIS juga menyasar pada UMKM-UMKM yang berada di pemukiman sekitar lingkungan UNS, seperti usaha fotokopi, warung, kuliner dan lainnya yang tidak bisa disebutkan satu persatu disini

Disamping itu juga UMKM binaan Pusat Studi Pendampingan Koperasi dan UMKM (PSP-KUMKM UNS) yang tersebar di Soloraya. Implementasi QRIS ini bekerjasama dengan BRI dan LinkAja, serta melibatkan Generasi Baru Indonesia (GenBI) Solo.

Sedangkan penerima beasiswa BI Solo Komisariat UNS sebagai pendamping untuk edukasi dan monitoring implementasi QRIS. Tujuan Implementasi QRIS, yakni salah satu upaya memfasilitasi akselerasi digitalisasi pembayaran yang contactless.

Sehingga cocok di masa pandemi. Kegiatan ini juga sejalan dengan program 12 juta merchant QRIS dan merupakan salah satu upaya Bank Indonesia dalam mendorong pemulihan ekonomi nasional.

QRIS juga mampu mendorong terbentuknya rantai pembayaran digital dari hulu ke hilir, untuk membuat lebih efektif dan efisien dalam menunjang transaksi ekonomi masyarakat. Dari laporan, tercatat sampai dengan 20 Agustus 2021, jumlah merchant QRIS di Solo Raya mencapai 185.826 merchant, meningkat sebesar 53,36%.

Apabila dibandingkan dengan posisi 31 Desember 2020. Selain itu, bersamaan dengan Kick Off QRIS, kolaborasi BI Solo dan UNS juga dilakukan dalam bentuk kepedulian melalui Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) berupa 500 (lima ratus) paket sembako, vitamin, dan perlengkapan kesehatan kepada UMKM binaan PSP-KUMKM UNS yang tersebar di Solo Raya.

PSBI diberikan secara simbolis dari Kepala Perwakilan Bank Indonesia Solo, Nugroho Joko Prastowo, kepada Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho. PSBI ini, merupakan bentuk kepedulian terhadap UMKM yang terdampak oleh pandemi Covid-19 dan sekaligus bentuk perhatian terhadap pelaku UMKM, agar tetap semangat untuk dapat kembali pulih, berkembang dan lebih maju. (Ryan)