5 GURU BESAR UNS DIKUKUHKAN SERENTAK

 

5 Guru besar ini, baru saja dikukuhkan secara bersamaan.

 SOLO (JURNALKREASINDO.COM) - Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengukuhkan secara resmi 5 Gubes (guru besar)pada Sidang Terbuka Senat Akademik, Selasa (14/9/2021).

Masing-masing Gubes tersebut berasal dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Tenik (FT), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA).

Dua  Gubes lainnya berasal dari Fakultas Pertanian (FP). Kelima Gubes itu Prof. Dr. Triyanto, S.H., M.Hum., Prof. Dr. Budi Kristiawan, S.T., M.T., Prof. Dr. Fitria Rahmawati, S.Si., M.Si.

Selanjutnya Prof Dr. Ir. Mohamad Harisudin, M.Si., dan Prof. Ir. Sutrisno Hadi Purnomo, S.Pi., M.M., Ph.D. Pengukuhan Gubes itu di gelar secara luring, di Gedung Auditorium Fakultas Kedokteran (FK) UNS.

Protokol Kesehatan

Meski begitu tetap dengan menerapkan aturan protokol kesehatan yang ketat. Selain itu, juga dilaksanakan secara daring melalui Zoom Cloud Meeting dan disiarkan secara langsung di kanal Youtube UNS.

Pembukaan Sidang Terbuka Senat Akademik dengan acara Pengukuhan Guru Besar dipimpin Prof. Dr. Adi Sulistiyono, S.H., M.H, selaku Ketua Senat Akademik.

Sedangkan Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum yang turut hadir di acara Pengukuhan Guru Besar tersebut memimpin acara pengukuhan kelima Gubes UNS.

“Kami kukuhkan Prof. Dr. Triyanto, S.H., M.Hum sebagai Guru Besar dalam bidang Ilmu Pendidikan Kewarganegaraan pada FKIP, Prof Dr. Ir. Mohamad Harisudin, M.Si sebagai Guru Besar dalam bidang Ilmu Managemen Strategi Agribisnis pada FT.

Prof. Ir. Sutrisno Hadi Purnomo, S.Pi., M.M., Ph.D sebagai Guru Besar dalam bidang Ilmu Sosial Ekonomi Peternakan pada FP, Prof. Dr. Budi Kristiawan, S.T., M.T sebagai Guru Besar dalam bidang Ilmu Teknik Mesin pada FT.

Gubes Termuda

“Prof. Dr. Fitria Rahmawati, S.Si., M.Si sebagai Guru Besar dalam bidang Ilmu Kimia pada FMIPA,” tutur Prof. Jamal sembari menambahkan, 5 Gubes itu, Prof. Dr. Triyanto, S.H., M.Hum menarik perhatian.

Karena menjadi Guru Besar termuda di FKIP UNS. Prof. Triyanto resmi dikukuhkan sebagai Guru Besar dalam bidang Ilmu Pendidikan Kewarganegaraan dengani usia 38 tahun.

Dalam pidato inagurasinya, Prof. Triyanto menyampaikan tentang Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Pendidikan Kesadaran Hukum bagi Negara. Capaian yang diraih 5 Gubes itu diapresiasi Ketua Dewan professor.

“Saya bangga dan senang, karena yang dikukuhkan pada siang ini usianya relatif masih muda semua,” ujar Prof. Suranto, Ketua Dewan Profesor saat memberikan aprisiasinya.

240 Gubes

Dengan dikukuhkannya kelima Guru Besar tersebut, maka jumlah Guru Besar UNS saat ini adalah 240 dan 131 di antaranya merupakan Guru Besar yang aktif.

Menggenapi angka tersebut Prof. Jamal, atas nama UNS berpesan agar kelima Gubes tersebut senantiasa mengembangkan bidang ilmunya melalui kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Bahkan Prof. Jamal berpesan,kelima Gubes agar capaian ini tidak menjadi terminal karir, melainkan menjadi gerbang pembuka untuk terus berkarya melalui riset yang terpublikasi. (Ryan)