61 PERGURUAN TINGGI BERSAING KONTES ROBOT TERBANG INDONESIA

 

Salah satu peserta kontes robot terbang Indonesia, siap bersaing.

SOLO (JURNALKREASINDO.COM) – Sejumlah 61 perguran tinggi yang terdiri dari 163 tim siap bersaing dalam Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) 2021.

Kontes tersebut akan digelar di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, pada 15-20 Nopember. KRTI melombakan empat divisi.

Masing masing Divisi Racing Plane (RP), DIvisi Fixed Wing (FW), Divisi Vertical Take-off and Landing(VTOL) dan Divisi Technology Development (TD).

Tema Berbeda

“Setiap divisi yang dilombakan memiliki tema yang berbeda dan spesifik,” jelas Prof Dody Ariawan, ketua kompetisi robot terbang, Jumat (12/11) siang.

Secara rinci disebutkan, Divisi RP mengangkat tema Fast And on Track (FAT), tercepat pada lintasan yang berbentuk angka delapan.

FW bertema pengiriman paket darurat pada wilayah karantina. VTOL bertema code based fast response and accurate Shipment Delivery.

Sedang TD mengusung tema Innovate UAV Technology. cast response and accurate Shipment Delivery. Sedang TD mengusung tema Innovate UAV Technology.

KRTI merupakan kompetisi yang diselenggarakan Pusat Prestasi Nasional (Pusprenas) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek).

Optimis

Sebagai tuan rumah, UNS optimis menyabet juara umum seperti yang diungkapkan Prof Dody dan Dr Nurul Muhayat, Pembimbing Tim KRTI UNS 2021.

“Setiap divisi diharapkan bisa meraih podium, di samping ada beberapa kategori yang bisa kita sabet seperti best design” katanya

UNS Surakarta telah menseleksi 4 tim terdiri Shankara pada divisi Vertical Take-off and Landing (VTOL), Ernesti pada divisi Racing Plane (RP).

Selain itu juga Bamantara pada divisi Fixed- Wing (FW) dan Prigi Baswara pada divisi Technology Development (TD).

Dari hasil kualifikasi robot terbang yang sudah didapat, UNS melalui Bengawan UV berhasil meloloskan empat tim ke tahap final KRTI 2021. (Tgr)