SEKOLAH VOKASI UNS GELAR PENGABDIAN JAMUR TIRAM DI PONPES AL-IHSANIYAH ABUL FAIDL

 

LPPM UNS Surakarta, bersama pengasuh dan para Santri Ponpes Al-Ihsaniyah  Abul Faidl, menjalankan pengabdian pengembangan usaha jamur tiram.

SOLO (JURNALKREASINDO.COM) - Sekolah Vokasi Universitas Sebelas Maret  (UNS) Surakarta menjalankan pengabdian tahun 2021 melalui dukungan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM).

“Kegiatan ini sebagai pengembangan usaha jamur tiram di Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Ihsaniyah Abul Faidl Dukuh Puyanganti, Kecamatan Sambirejo, Kabupaten Sragen,” ungkap Ketua Pengabdian Ari Prasetyo, ST, MT, pada Jumat (19/11/2021) di Kampus UNS

Ari mengemukakan, teknologi mesin tepat guna yang didiseminasikan kepada Masyarakat adalah Mesin (Filling) pengisi baglog otomatis. “Selain itu melui program pangabdian ini juga diselenggarakan pelatihan pembibitan, pemeliharaan dan konsultasi mengenai penjualan, serta  pemasaran jamur tiram,” jelasnya.

Produksi Budidaya Jamur

Adanya program pengabdian ini menurut Ari,  diharapkan dapat meningkatkan produksi budidaya jamur yang selama ini berjalan, bahkan mampu melakukan diversifikasi usaha menjadi produksi baglog.

Alat produksi pengolahan jamur tiram yang mampu menambah penghasilan dan meningkatkan ekonomi.

Terbukti, dengan mesin pengisi otomatis dapat mempermudah proses dan dapat meningkatkan produksi baglog dalam jumlah 300-400 / jam. Sehingga santri di Pondok Pesantren Al-Ihsaniyah Abul Faidl dapat memenuhi kebutuhan baglog untuk budibaya secara mandiri.

Dan mampu menjual baglog kepada pelaku usaha jamur tiram yang lain. Harapan dari para santri untuk tahun depan, dilanjutkan kembali kerjasama dalam pengembangan jamur tiram dengan UNS.

Ari, sebagai ketua pelaksana kegiatan, beranggotakan Anggota Prof. Dr. Syamsul Hadi, S.T., M.T; Prof. Dr. Kuncoro Diharjo, S.T., M.T, Prof. Dr. Supriyadi, M.P mengatakan, kegiatan tersebut menyambut antusias dan siap untuk melanjutkan kerjasama berikutnya. (Eps)