TIGA KEUNGGULAN KULIAH S2 MAGISTER PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS DI UMS

 

Gedung Sekolah Pasca Sarjana di UMS.

 SUKOHARJO (JURNALKREASINDO.COM) – Setidaknya ada 3 unggulan dalam Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), ketika mahasiswa kuliah disini.

Hal ini diutarakan Ketua program studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris Pasca Sarjana UMS, Agus Wijayanto,  MA., Ph.D. Menurutnya, bahkan banyak keunggulan yang perlu diketahui masyarakat,

Dimana kuliah S2 Bahasa Inggris di kampus ini,  dari sisi mata kuliah terdapat tiga keunggulan. “Terutama dalam menghadapi perkembangan zaman," ungkap Agus, pada Jumat (10/12/2021) di kampus Pasca Sarjana UMS, Sukoharjo..

Pertama, mata kuliah 'Technology in Foreign Language Teaching and Learning'. Kedua 'Translation Teaching dan ketiga mata kuliah 'Teaching English as a Foreign and Global Language'.

Mengintegrasikan Teknologi Pembelajaran

"Terdapat pengajaran bahasa Inggris 'IT based Learning' mata kuliah yang mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran Bahasa Inggris, ini merupakan jawaban atas keresahan dalam proses pembelajaran” paparnya.

Karena, selama ini pembelajaran hanya dilakukan di dalam kelas, nah dengan teknologi ini akan semakin lebih mudah. Menurutnya, terdapat mata kuliah tertentu yang tidak ada di Universitas lain, bahkan di seluruh dunia tetapi ada di UMS.

Apa itu ? Technology in Foreign Language Teaching and Lerning dan Teaching English as a Foreign and Global Language, merupakan mata kuliah sebagai bekal mahasiswa menghadapi perubahan zaman dengan kemampuan pembelajaran secara digital.

70 Persen Lulusan Luar Negeri

Sedangkan mata kuliah 'Translation Teaching' membekali mahasiswa dalam menghadapi berbagai perkembangan bahasa Inggris itu sendiri. "Dosen S2 di program ini, memiliki kompetensi yang sudah tidak diragukan lagi, sebab 70% merupakan lulusan luar negeri.

Selain itu juga memiliki dua guru besar di bidang Bahasa Inggis. Ia menambahkan, dosen pengajar juga sangat produktif dalam karya tulis dosen dan riset sangat banyak, bahkan ratusan. "Mahasiswa magister Bahasa Inggris juga terdapat mahasiswa Internasional” katanya

Namun, karena pandemi Covid-19 sehingga secara jumlah menjadi berkurang , memang terdapat berbagai peraturan yang ketat di berbagai negera. Selain itu, ia memaparkan, magister pendidikan Bahasa Inggris ini memiliki berbagai kerjasama Internasional.

Baik dari sisi pendidikan, riset maupun  pengabdian. "Jejering ini mudah kita dapatkan, dikarenakan dari tenaga pengajar juga ada yang berasal dari luar negeri, sehingga ini memudahkan UMS dalam menjalin kerjasama," paparnya.

Ia juga menuturkan, berbagai program beasiswa juga dapat dimanfaatkan mahasiswa yang mengenyam pendidikan di program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta. (Eps)