KKN UNISRI LATIHAN APLIKASI QUIZIZZ DI BULUREJO

 

Ericha Nataliana Nugraheni (nomor tiga dari kiri), bersama para siswa di Dukuh Bulurejo, Karanganyar.

 KARANGANYAR (JURNALKREASINDO.COM) - Mahasiswa KKN UNISRI Mengadakan Pelatihan Aplikasi Quizizz di Dukuh Bulurejo, Karanganyar, Jumat (28/01/2022). Munculnya peningkatan kasus penyeberan virus Covid-19 secara global, sejak awal tahun 2020.

Membuat pemerintah mengeluarkan kebijakan, dengan mewajibkan masyarakat untuk melakukan segala aktivitas di rumah masing-masing. Hal itu diutarakan, Ericha Nataliana Nugraheni. Dimana dikatakan, Pandemi Covid-19 saat ini tidak hanya mempengaruhi kegiatanbidang ekonomi saja.

Tetapi juga di bidang pendidikan, oleh karena itu pemerintah Indonesia menerapkan kebijakan melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk mengubah proses pembelajaran dari tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh

Bahkan yang lebih dikenal dengan sebutan pembelajaran daring. Kebijakan tersebut, merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19. Berhubung masih adanya peningkatan kasus, maka pembelajaran jarak jauh masih berlangsung selama 1,5 tahun.

Siswa Jenuh

Dengan anak-anak belajar secara mandiri di rumah masing-masing,meski selama pembelajaran telah dibimbing guru dengan pembelajaran yang menarik, terkadang masih ada siswa yang jenuh dengan adanya pembelajaran di rumah.

Rasa jenuh yang dialami siswa, karena banyaknya tugas yang diberikan dan membuat siswa menjadi tidak termotivasi untuk mengerjakan tugas apalagi belajar. Jenuh dengan pembelajaran di rumah ini dapat berdampak dengan motivasi belajar anak.

Siswa tidak lagi termotivasi untuk belajar dan fokusnya akan pembelajaran lebih cepat teralihkan dengan hal-hal yang menyenangkan. Jika motivasi belajar siswa menurun, maka pembelajaran jarak jauh ini akan tidak maksimal dalam penerapannya.

Dengan adanya kekhawatiran tersebut, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) kelompok 12 Universitas Slamet Riyadi Surakarta menggelar pelatihan bertajuk “Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Di Masa Pandemi Covid-19 Dengan Menggunakan Aplikasi Quizizz”.

Pelatihan itu dilaksanakan di Dukuh Bulurejo, Karanganyar, Jumat (28/2). Pelatihan, menurut Ericha Nataliana Nugraheni, untuk meningkatkan motivasi belajar anak di masa pandemi Covid-19 dengan aplikasi Quizizz yang diprakasai oleh Ericha Nataliana Nugraheni.

Bidang Edukasi

Ericha, mahasiswi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. “Program kerja bidang edukasi ini bertujuan supaya anak-anak lebih termotivasi untuk belajar di masa pandemi Covid-19 dan dapat menggunakan tekonologi yang ada dengan lebih bijaksana,” katanya.

Pelatihan dilakukan dengan tatap muka dan mengajak anak-anak pada jenjang SMP untuk berpartisipasi pada kegiatan pelatihan ini. Dengan mengenalkan kepada anak-anak dan secara langsung membimbing mereka dalam menggunakan aplikasi Quizizz. (Eps)