MELALUI PROGRAM P2AD, DOSEN FKIP BIOLOGI UMS BERIKAN PELATIHAN DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN BAGI GURU SMP MUTU COLOMADU


 Suasana pelatihan desain media pembelajaran, bagi  guru di SMP Muhammadiyah 7 Program Unggulan Colomadu.

 SUKOHARJO (JURNALKREASINDO.COM) - Para dosen Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) melakukan pelatihan desain media pembelajaran, bagi  guru di SMP Muhammadiyah 7 Program Unggulan Colomadu.

Program tersebut dijalankan dari bulan Januari hingga Februari 2022. "Pelatihan tersebut dilakukan untuk membekali para guru agar bisa membuat media pembelajaran yang interaktif dan menarik bagi siswa” ungkap Koordinator Pengabdian FKIP UMS, Dr. Djumadi, M.Biomed

Ini merupakan bentuk implementasi salah satu tri darma perguruan tinggi yakni  pengabdian masyarakat. Hal itu diutarakan Dr Djumadi pada Minggu (20/02/2022). Selanjutnya Dr. DJumadi menjelaskan, para guru SMP Muhammadiyah 7 Program Unggulan Colomadu, diajari membuat media pembelajaran menggunakan aplikasi Articulate Storyline 3.9.

"Dengan harapan, literasi berbasis Information Communication and Technology (ICT) bisa berjalan di sekolah tersebut" kata Dr. Djumadi yang juga menambahkan, kegiatan dikemas dalam bentuk Training of  Trainer (ToT) yang dilakukan selama 13 kali pelatihan tatap muka.

Dan satu kali evaluasi. Setiap pertemuan dilakukan pelatihan selama 150 menit. Pelatihan tersebut diikuti oleh 25 guru SMP Muhammadiyah 7 Program Unggulan Colomadu. Adapun fasilitastor yang terlibat dalam pengabdian tersebut masing-masing, Dr. Djumadi, M.Biomed, Dra. Hariyatmi, M.Si, Putri Agustina, S.Pd., M.Pd, Guntur Nurcahyanto, S.T., M.Pd, Yasir Sidiq, S.Pd., M.Si., P.hD Annur Indra Kusumadani, S.Pd., M.Pd., Ph.D dan Mazwar Ismiyanto, S.Pd., M.Pd. (Eps)