TUGU MTQ, PESONA RELIGI KOTA KENDARI

 

Tugu MTQ Di Kendari Memiliki Ketinggian 99 Meter, Dimana Angka 99 Melambangkan Asmaul Husna.

KENDARI (JURNALKREASINDO.COM) - Tugu Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) memiliki pesona bagi persatuan dan toliransi agama di Kendari, Sulawesi Tenggara. " Bahkan  menjadi Landmark sebagai tujuan wisata, terutama lokasi fotografi yang menarik mempersona” ujar Erha

Ungkapan itu diutarakan asli Kendari tersebut sambil menambahkan, karena berada di jantung tengah kota Kendari. Menurut Erha yang ditemui jurnalkreasindo.com pada Sabtu (13/02/2022), sekitar tahun 2004, tugu itu dibangun.

Pembangunan tugu itu sekaligus sebagai monumen tuan rumah penyelenggaran MTQ tingkat Nasional. Luas tugu MTQ ini, kurang labih 5 hektar dengan 5 tiang penyangga yang memiliki makna dalam sila-sila Pancasila.

Lima Jari Tangan

Tiang yang berjumlah 5, menurut Erha, masing-masing terdapat Bundaran berukuran besar menyerupai mutiara dan dkelilingi tiang kecil menghadap ke atas, seperti lima jari tangan yang sedang berdoa.

" Ini melambangkan adanya 5 suku di Sulawesi Tenggara, yakni Suku Bugis, Maronene, Muna, Telaki dan Buton," kata Erha sembari mengatakan, tugu MTQ memiliki ketinggian 99 meter, dimana angka 99 melambangkan Asmaul Husna. "Kendati bukan wisata baru, tetapi memiliki daya tarik untuk dikunjungi, terutama untuk pemotretan," pungkasnya. (Eps)