GELAR MUKERKOT 2022, PMI SOLO KOMITMEN TINGKATKAN KUALITAS KEGIATAN KEMANUSIAAN

 

Suasana PMI Musyawarah Kerja Kota tahun 2022 di gedung Masjid Raya Fatimah.

 SOLO (JURNALKREASINDO.COM) - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Surakarta atau dikenal PMI Solo lakukan Musyawarah Kerja Kota (Mukerkot) tahun 2022 di gedung Masjid Raya Fatimah,  pada Rabu (23/03/2022)..

.Seperti  diketahui bersama, bahwa Mukerkot merupakan sebuah momen pertanggungjawaban pengurus kepada masyarakat, atas seluruh kegiatan kemanusiaan yang dilaksanakan di tahun sebelumnya dan menyampaikan program kerja ditahun selanjutnya.

Sekertaris PMI Solo, Sumartono Hadinoto dalam laporan pertanggungjawabannya menyampaikan,  sejak tahun 1998 PMI Solo telah meniadakan program bulan dana, dengan tujuan banyak masyarakat yang harusnya dibantu bukan malah mengambil sebagian dana dari mereka.

" Bulan dana kami hentikan, sebagai gantinya PMI Solo melahirkan program Dompet Kemanusiaan, dimana masyarakat dengan sukarela dan tanpa paksaan bisa menyalurkan donasinya melalui PMI Solo tanpa batasan nominal dan tanpa paksaan”  tambahnya

Dana Dikelola 100 Persen

Dana ini dikelola, 100% donasi masyarakat  tersebut  disalurkan juga 100% untuk masyarakat yang yang sakit, miskin dan membutuhkan bantuan. “Untuk  itu selama ini juga terus kami sampaikan,  kalau ada disekeliling kita ada orang yang sakit dan butuh bantuan silahkan langsung hubungi PMI pasti kami bantu” paparnya

.Selain itu, seluruh pelayanan mulai dari pelayanan donor darah, pelayanan kesehatan dan pelayanan sosial serta penanggulangan bencana terus dilakukan perbaikan dan terus ditingkatkan melalui manajemen ISO 9001:2015. Melalui manajemen ini harapanya kedepan PMI Solo mampu menjawab seluruh tantangan kebutuhan masyarakat dan dapat meningkatkan kualitas pelayanan sosial kepada masyarakat.

Ketua PMI Solo, H. Soesanto Tjokrosoekarno dalam sambutanya menyampaikan, puji syukur meskipun dimasa pandemi COVID-19 dan berbagai keterbatasan, pelaksanaan program PMI Kota Surakarta tahun 2021 dapat terlaksana, baik pemenuhan kebutuhan darah, tanggap darurat bencana, pelayanan sosial kemanusiaan dalam program dompet kemanusiaan, Griya PMI Peduli dan lainya berjalan sangat baik.

forum Online

Selain itu Santo menambahkan, penjaringan relawan muda  Palang Merah Remaja (PMR) dan Koorps Sukarela (KSR) meskipun melalui forum online dapat berjalan dengan baik dan juga lancar, begitu pula dengan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT) yang telah mendorong dalam edukasi promosi dilingkungan sekitar.

.seluruh  program berjalan dengan baik dan dapat dirasakan langsung oleh masyarakat, dan untuk program kerja tahun 2022 kami bersama segenap pengurus PMI Solo tetap berkomitmen untuk meningkatkan seluruh pelayanan kualitas pelayanan dan kegiatan kemanusiaa, tambahnya.

."Tentunya kami tak bisa berjalan sendiri, dukungan seluruh relawan, pegawai, dan masyarakat juga turut berjalan beriringan, agar supaya program yang tengah direncanankan bisa berjalan dengan maksimal dan bermanfaat untuk sesama” pungkasnya.  (Njar)