MOBIL KAS KELILING BI SOLO LAYANI TRADISI TUKAR UANG BARU

 

Suasana penukaran uang pecahan baru, melalui mobil Kas Keliling Bank Indonesia, di Solo

SOLO (JURNALKREASINDO.COM) - Tradisi menjelang Lebaran yang biasa dilakukan warga Solo Raya, diantaranya menukar uang pecahan baru, kini mulai banyak dioperasionalkan.  Bank Indonesia (BI) Solo telah menyiapkan uang pecahan baru senilai Rp 4,9 triliun untuk stok di Kota Solo Raya.

Kepala BI Solo, Nugroho Joko Prastowo mengatakan, tidak menutup kemungkinan terjadi peningkatan jumlah permintaan dari tahun sebelumnya. "Lantaran banyak pelonggaran diberikan pemerintah pada periode lebaran tahun ini. "ujar Nugroho Joko.

Tahun lalu realisasinya Rp 4,3 triliun. Tahun ini disiapkan Rp 4,9 triliun. Tapi itu hanya persiapan. Kalau kurang, dtambah lagi, karena Bank Indonesia kalau stoknya habis, bisa minta ke BI Semarang dan BI Jakarta. Masyarakat jangan khawatir, berapapun permintaannya disiapkan.

Joko menyebut layanan penukaran uang baru dibuka sebagai bentuk budaya kebutuhan masyarakat menghadapi lebaran. Tahun ini, pihaknya mendukung dengan menambah jumlah dan titik lokasi penukaran uang. Mengingat selama  2 tahun terakhir masyarakat tidak bebas berlebaran, imbas pandemi Covid-19.

Menggerakkan Ekonomi

Hal ini juga akan menggerakkan ekonomi di Kota Solo., maka tahun ini ditambah layanannya dengan mobil kas keliling. Dijadwalkan mobil kas keliling bakal berkeliling  ke pasar, perkantoran pemerintah kota (Pemkot) dan pemerintah kabupaten (Pemkab).

Juga di sentra vaksin booster di Klinik Bhayangkara milik Polri. Itu semua dilakukan untuk mempermudah masyarakat. Pelaksanaan penukaran uang rupiah melalui kas keliling Bank Indonesia sendiri dilakukan melalui aplikasi perpesana pintar.bi.go.id

Dengan memilih lokasi, tanggal dan waktu layanan kas keliling yang tersedia pada menu PINTAR. Terdapat batas kuota layanan penukaran uang rupiah melalui kas keliling Bank Indonesia. Selain itu bisa pada periode Ramadan 2022 tanggal 4-28 April 2022.

 Sobat Rupiah dapat melakukan penukaran uang secara langsung di kantor bank terdekat yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. dihimbau masyarakat tidak menggunakan jasa penukaran uang ilegal. Pasalnya, BI Solo telah memperluas titik lokasi penukaran uang.

Selain mobil kas keliling, tercatat ada 191 kantor bank, BPR, Pegadaian, dan Pos Indonesia di Solo dan sekitarnya yang siap melayani masyarakat. Khusus di Kota Solo ada 68 titik lokasi penukaran uang. Seluruhnya melayani penukaran uang sampai 28 April mendatang. (Njar)