DEMI MEMUDAHKAN MENGURUS SERTIFIKAT, BPN LUNCURKAN PROGRAM LANTANLA

 

Tensa Nur Diani, ketika memberikan keterangan kepada wartawan.

SOLO (JURNALKREASINDO.COM) – Demi memudahkan dalam pelayanan mengurus sertifikat tanah, Badan Pertanahan Negara (BPN) Kota Solo  meluncurkan program Layanan Tanpa Lama (Lantala)]. Masyarakat yang selama ini berstigma pengurusan sertifikat tanah yang ribet dan berbelit-belit bakal berubah cepat dn mudah.

Kepala Kantor BPN Kota Surakarta, Tensa Nur Diani kepada wartawan media, Rabu ( 29 /03/2023) menjelaskan, layanan Lantanla tersebut dilakuikan demi memberikan pelayanan yang mudah, bahkan bisa satu jam jadi, langkah ini bakal memangkas waktu pengurusan tanah yang biasanya memakan waktu berhari-hari.  

Mobil keliling milik BPN untuk mempermudah memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Lebih rinci  Tensa Nur Diani mengatakan, layanan Lantanla ini merupakan kegiatan pendaftaran pertanahan yang dimulai dari Pra Pendaftaran lewat layanan LOKETKU pada aplikasi SENTUHTANAHKU. “Jadi nantinya setelah masyarakat mengupload persyaratan, akan dilajutkan pemeriksaan secara online oleh petugas” paparnya

Memudahkan Masyarakat

Apabila ada berkas yang kurang atau tidak terbaca, maka pihak] BPN akan minta untuk diupload ulang. Namun setelah  semuanya  lengkap, hanya  tinggal membuat janji dengan petugas untuk penyerahan berkas secara fisik, pada hari  Selasa atau Kamis.”Kemudian akan diproses,  dengan dilaksanakan pembuatan SPS, pembayaran PNBP, sekaligus penyerahan produk atau sertifikat tanahnya,” tandas Tensa.

]]Dengan demikian, tentu hal ini akan memudahkan masyarakat dalm pengurusan sertifikatnya, sehingga tidak perlu lagi bolak-balik kantor . Maka untuk melakukan pendaftaran dan melakukan permohonan sertifikat tanah tidak memakan waktu yang lama. “Biasanya sesuai SOP sekitar 5 hari. Sekarang cukup 1 jam. Untuk verifikasi data, kita punya 10 orang pegawai. Layanan bisa cepat tertangani setelah berkas kita nyatakan lengkap” ujarnya menutup wawancaranya siang itu. (Her)