KEMENTRIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN INDONESIA APRESIASI PENGELOLAAN PASAR IKAN BALEKAMBANG

 

Keakraban antara pejabat kementrian Kelautan dan perikanan dengan pengelola dan pedagang ikan Balekambang, Solo.

SOLO (JURNALKREASINDO.COM) - Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan Kementrian Kelautan dan Perikanan Indonesia mengunjungi pengelola  Pasar Ikan Balekambang (PIB) pada Kamis (16/2/2023) malam, kantor setempat.

Sebelumnya, pada pagi harinya PIB menerima petugas dari Pengadilan Negeri (PN) Surakarta yang meminta klarifikasi tentang Pengelolaan PIB. “Kami selaku pengelola menjelaskan secara detail terperinci berdasarkan data dan fakta yang ada,” terang Liesmianingsih kepada wartawan

Liesmianingsih, selaku pengelola PIB kepada wartawan seusai berdialog dengan pihak Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan Kementrian Kelautan dan Perikanan Indonesia mengatakan, pihak kementrian sangan mengapreasi pengelolaan di PIB.

Pihak kementrian tersebut merespon positif, atas data dan fakta yang diberikan secara tertulis tersebut. Dan pengelola siap untuk memberikan keterangan atau data operasional PIB lainnya jika diperlukan.

Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan Kementrian Kelautan dan Perikanan Indonesia, Ishartini secara khusus datang dari Jakartam untuk mengunjungi PIB. “Saya mengapresiasi atas kesuksesan operasional sebuah Pasar Ikan Balekambang” lanjutnya

Meski  Kota Solo jauh dari laut dan tidak mempunyai kolam ikan, namuni Pasar Ikan disini bisa tumbuh dengan kapasitas sekitar 15-20 ton per-malam. Sebuah perputaran pemasaran ikan yang cukup besar, lanjutnya, ikan tersedia dengan lengkap segar dan murah. Suasana pasarpun sangat ramai dan bersih.

Tidak Becek dan Nyaman

Pasar tidak becek, tidak berbau, sehingga aman dan nyaman untuk dijadikan tempat berbelanja sekaligus edukasi serta rekreasi perikanan. Kedepan Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan Kementrian Kelautan dan Perikanan Indonesia akan mensuport serta mendukung keberadaan PIB ini.


Liesmianingsih (kiri), pengelola pasar ikan Balekambang, saat memberikan keteran pers.

Baik sarana prasarananya agar bisa berkembang lebih maksimal dan sejalan dengan revitalisasi Taman Balekambang. “Hal ini merupakan dukungan yang sangat positif kepada pengelola PIB atas keberhasilannya dalam hal pengelolaan sebuah Pasar Ikan di tengah kota” sela Lies

Sehubungan dengan  undangan resmi yang diterima  pengelola dari inspektorat pada hari Rabu (22/2/2023). Dijelaskan Liesmianingsih, pihaknya telah datang ke inspektorat dan menyampaikan penjelasan dengan data. “Kami serahkan seluruh dokumen dan data dukung kebenaran atas pengelolaan PIB selama ini,” terangnya.

Memperjelas Kebenaran

Dengan penyampaian dokumen serta data dukung yang valid dan bersumber dari pihak yang benar, maka hal itu dapat lebih memperjelas kebenaran dari seluruh pemberitaan dan opini publik yang selama ini menyesatkan.

“Yang terpenting,  dengan kedatangan kami ke Inspektorat beserta dokumen yang valid ini, dapat menjadikan semua pihak puas dan tidak lagi ada upaya yang menganulir kebijakan Walikota Surakarta terkait PIB, serta kami harapkan jangan ada lagi penghinaan terhadap aparatur pemerintah” jelasnya

 Khususnya kepada masyarakat Surakarta yang hidup di Solo ini harus kompak untuk membangkitkan perekonomian rakyat Surakarta, tanpa harus saling menginjak dan menjatuhkan satu sama lain. “Mari kita bangkit bersama dengan dukungan pemerintahan kita yang sudah sangat luar biasa bagi rakyatnya” tandasnya. (Her)