PADUAN SUARA MAHASISWA UNISRI TAMPIL MEMUKAU, DI GEDUNG WAYANG ORANG SRIWEDARI

Aksi paduan suara ‘Talenta’ katika pentasdi gedung wayang orang Sriwedari, Solo.

SOLO (JURNALKREASINDO.COM) -Tidak seperti biasanya, malam itu, Gedung Wayang Orang Sriwedari Solo tampak ramai. Hampir semua tempat duduk terisi. Ternyata, malam itu, UKM Paduan Suara Mahasiswa ‘Talenta’ Universitas Slamet Riyadi (Unisri )Surakarta sedang pentas.

Disana yang menonton tidak hanya teman kuliah dan dosen, tapi juga keluarga dan kolegka, mereka  untuk menonton pentas drama musikal, karena itu merupakan program kerja rutin tahunan sejak PSM Talenta dibentuk 2015 silam dengan  pentas yang digelar selalu di luar kampus.

Pentas kali ini berjudul ‘Nawa Sena, Selalu Ada Cinta di Setiap Cerita’. Tema ini mengisahkan perjalanan 9 tahun PSM Talenta sejak 2015 hingga sekarang, Lebih dari sepuluh lagu dinyanyikan dalam drama musikal yang berlangsung selama hampir dua jam itu.

Hampir semua lagu pernah dinyanyikan, baik dalam lomba maupun pentas sebelumnya, sedangkan yang terbaru dan belum pernah dinyanyikan sebelumny,  adalah lagu berjudul Bahasa Kalbu yang pernah dipopulerkan Titi DJ dan Pesta yang pernah dinyanyikan Elfa Singer.

Memukau Penonton

Pentas drama musikal Nawa Sena itu sangat memukau hingga penonton tidak ada satu pun yang beringsut dari tempat duduk sebelum pentas rampung, termasuk Rektor Prof Dr Sutoyo. "Saya apresiasi UKM Paduan Suara Mahasiswa Talenta, semoga  terus berkembang dan makin moncer," kata Sutoyo

Kedepan, diharapkan, prestasi PSM Talenta Unisri tidak hanya di tingkat lokal, tapi juga nasional bahkan internasional. Lebih lanjut Rektor mengatakan, mengikuti UKM paduan suara tidak hanya sebatas mengikuti kegiatan di luar akademis untuk aktualisasi bagi mahasiswa yang hobi bernyanyi.

Sebab, di UKM paduan suara, ada nilai-nilai karakter dan kebersamaan yang dibangun. Misalnya,  dalam paduan suara itu, suara yang satu dan lainnya harus padu harus selaras. “ Kalau tidak, maka tidak bagus didengar atau slenco, meski masing masing individu suaranya merdu” tandasnya

Dalam latihan bernyanyi pun, mereka juga harus disiplin dan tapat waktu. "Karakter, kebersamaan dan saling menghargai di UKM paduan suara itu, saya yakin bisa mempengaruhi  dalam kehidupan sehari-hari," pungkasnya. (Her)