TIM PENGABDIAN MASYARAKAT FISIP UNISRI , GELAR SOSIALISASI ANTI NARKOBA

 

Foto bersama usai sosialisasi Anti Narkoba di Kelurahan Tipes, Serengan Kota Solo.

SOLO (JURNALKREASINDO.COM) - Tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Slamet Riyadi Surakarta menggelar sosialisasi anti narkoba, dengan mengetengahkan  tema ‘Menyelematkan Generasi Merawat Negeri dari Kejahatan Narkoba’.

Sosialisasi tersebut dilaksanakan di Kelurahan Tipes, Serengan Kota Surakarta itu dalam rangka peringatan Hari Narkoba Internasional yang jatuh tanggal 26 Juni.Whinda Erliani, perwakilan dari Badan Narkotika Nasional / BNN Kota Surakarta hadir sebagai pemateri.

Selain itu juga Estu Widiyowati, selaku dosen pembimbing Tim Pengabdian Masyarakat, serta Forum Anak Kelurahan Tipes yang menjadi audience. Menurut Ketua Pelaksana Argo Bima Wicaksono, tujuannya untuk memberi pengetahuan tentang bahaya dan mencegah penyalahgunaan narkoba.

Bahkan tidak sampai disitu saja, tetapi untuk mengembangkan keterampilan menolak narkoba dan menghadapi tekanan, membentuk sikap negatif terhadap narkoba dan gaya hidup sehat serta melibatkan mereka dalam kegiatan anti-narkoba.

Isu Utama

Tema yang diangkat merupakan isu utama dalam pencapaian SDGs yang inklusif.  "Remaja sangat rentan terhadap pemakaian narkoba, karena mereka punya rasa ingin tau yang besar dan didukung dengan stress yang menjadi awal mula penggunaan obat terlarang ini" tandas Argo Bimo

Para peserta dalam mengikuti sosialisasi itu, sangat antusias, baik ketika menerima materi yang diberikan, apalagi diselingi humor. Banyak peserta yang mengajukan pertanyaan dalam sesi tanya jawab. Peserta yang berani mengajukan pertanyaan mendapatkan doorprize menarik dari panitia.

Di akhir acara, Argo Bima Wicaksono berharap, dengan adanya sosialisasi itu anak-anak dan remaja bisa terhindar dari bahaya narkoba dan hidup dengan pilihan yang sehat ,serta menjadi pelopor anti narkoba teman sebayanya. (Her)