FATIPA UNISRI GANDENG BKKBN SOLO, GELAR WORKSHOP PENGOLAHAN MPASI

 

Para peserta workshop melakukan pelatihan dengan penuh semangat.

SOLO (JURNALKREASINDO.COM) - Fakultas Teknologi dan Industri Pangan (FATIPA) Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta bekerjasama dengan BKKBN Solo menggelar workshop dan pelatihan pengolahan MPASI.

Dimana menu lengkap homemade ini dilakukan dalam upaya penurunan angka stunting di kota Surakarta. Acara ini dilaksanakan di laboratorium, rekayasa proses diikuti senanyak  45 peserta yang terdiri dari  kader posyandu dari Puskesmas Sibela .

Workshop yang diselenggarakan pada Senin (07/08/2023) itu, dibuka langsung oleh Purwanti, SKM, MKes ,selaku kepala DP3AP2KB Kota Surakarta. Dalam sambutannya, dia sangat berterima kasih kepada Fatipa Unisri yang telah bersedia sharing ilmu dalam memasak menu MPASI sehat.

Pelatihan pengolahan MPASI ini dilakukan secara rutin pihak Unisri Surakarta.

Stunting juga merupakan masalah bersama, sehingga perlu peran serta seluruh elemen masyarakat untuk menanggulanginya.  “Jangan berkecil hati dalam menaggulangi stunting, karena banyak pihak yang membantu diantaranya BKKBN" kata Purwanti

Kegiatan Rutin

Dekan FATIPA UNISRI, Dr Nanik Suhartatik, STP,MP menjelaskan, kegiatan tersebut bukan kegiatan yang pertama. Melainkan kegiatan rutin yang diselenggarakan FATIPA Unisri, sebagai bentuk kontribusi untuk turut serta menurunkan angka stunting.

“Kami berkomintmen untuk turut beraksi dan mengambil andil dalam mengatasi stunting di Indonesia, khususnya di Surakarta. Dengan demikian secara rutin kami melakukan acara seperti ini, sebagai kontribusi menurunkan angka stunting” tandasnya

Sementara Irvia Resti Puyanda, STP. MP dan Fadhilah Husnun, SSi. MSc, instruktur pelatihan menyiapkan 9 menu MPASI tinggi kalori, untuk dapat mengejar berat badan anak penderita stunting, antara lain mashed potato, macaroni scottle, stik kentang keju, puding jagung manis, vegetable nugget, sup ayam miswa, arem arem ati wortel dan arem-arem ati jagung manis. (Her)