ASITA SOLO KEMBANGKAN POTENSI DESTINASI WISATA UTAMA NASIONAL

Suasana rapat panitia persiapan menggelar event BTM 2023.

SOLO (JURNALKREASINDO.COM) - Bengawan Solo Travel Mart 2023 adalah salah satu kegiatan tahunan Dinas Pariwisata Kota Surakarta, bersama Asosiasi Stakeholder untuk memperkenalkan dan mengembangkan potensi pariwisata daerah yang dimotori oleh Association of The Indonesia Tours and Travel Agencies (ASITA) DPC Surakarta.

Langkah acara ini sebagai bentuk konstribusi pihak swasta dalam memperkenalkan dan mengembangkan potensi wisata di Kota Solo. Dengan mengusung tema ‘Solo Sekarang’ pada tahun ke-11 ini, Bengawan Solo Tarvel Mart 2023 memiliki tujuan utama yaitu untuk menatap pariwisata Solo Raya ke depan, selaras dengan perkembangan Kota Solo.

Dimana Solo menjadi kota metropolis yang tetap mampu merawat kekayaan tradisi dan nilai-nilai luhur kebudayaan Jawa hingga kini. Ditambah dengan perkembangan daya dukung pengelolaan destinasi wisata yang sudah sesuai dengan konsep 3A ( Atraksi, Aksebilitas dan Amenitas). Pada kesempatan kali ini buyer akan diajak mengunjungi berbagai obyek wisata baru (17 Titik Prioritas Pembangunan Kota Solo) dan juga Solo Raya. 

Benny Rasyid Poespita, ketika memberikan arahan kepada panitia BTM 2023.

BTM 2023 dilaksanakan pada 7-9 September 2023. Diketahui, Kota Solo yang sekarang jelas berbeda. Bukan hanya terkesan menuju kota modern, tetapi efektivitas kota perubahan signifikan. Bukan hanya aktivitas budaya seperti masa lalu, tapi Solo menjadi kota tujuan para travellers, para pelancong. Bukan hanya turis.

Terbangun Cepat

Konektivitas dan aksebilitas Solo terbangun cepat, terhubung dengan nyaris sempurna ke semua kota-kota besar di Jawa. Modal sebagai kota yang kaya heritage budaya, kuliner yang sempurna, dan penduduk yang ramah andhap asor, menjadi kian lengkap dengan ketersediaan konetivitas dan aksebilitas yang baik berkat keberadaan tol Trans Jawa. Maka Solo menjadi destinasi yang semakin favorit.

Hal ini merupakan asset yang berharga bagi pemerintah kota dalam merealisasikan visi dan misi Kota Solo melalui berbagai acara ajang promosi wisata Kota Solo, salah satunya, Bengawan Solo Travel Mart 2023. Benny Rasyid Poespita selaku ketua pelaksana Bengawan Solo Travel Mart 2023 menyampaikan, apresiasi sebesar-besarnya pada para buyer seluruh Indonesia.

Buyer ini dengan jumlah 50 delegasi dan seluruh seller dengan jumlah 60 company yang terdiri dari beberapa instansi, diantaranya travel agent, obyek wisata, resto, pusat oleh-oleh, hotel, bank, UMKM yang ikut berpartisipasi. “Kami terimakasih kepada seluruh sponsor dan tempat berlangsungnya acara yang sudah turut mendukung kelancaran acara Bengawan Solo Travel Mart 2023” kata  Benny

Diharapkan  harapankan,  BTM 2023 membawa dampak besar dan berkelanjutan bagi kebangkitan pariwisata dan ke depan, serta kian dapat membawa semangat pada penggiat pariwisata terutama kepada buyer dari seluruh Indonesia, diantaranya Kepulauan Riau, Batam, Pekanbaru, Pontianak, Lampung, Bali, Lombok, Bukittinggi, Bandung, Jakarta, Sidoarjo d Banyuwangi, Surabaya, Tangerang, Gunung Pati, Rembang, Kuningan, Tegal, Semarang dan Yogyakarta . semoga kian tertarik menjadikan Solo sebagai destinasi wisata utama nasional yang tentu saja dengan pesona wisata di Kota ‘Solo Sekarang’. (Her)