RATUSAN GURU NGAJI DI SOLO RAYA CHECK UP KESEHATAN GRATIS, SAMBUT HUT FKAM KE - 25

 

Doktor MS Kalono, SH.Msi (kiri) dan Sutikno, staf Rumah Sakit (RS) Onkologi Solo ketika memberi kterangan kepada media.

SOLO (JURNALKREASINDO.COM) – Menyambut  HUT (hari ulang tahun) Ke - 25 Forum Komunikasi Aktivis Masjid (FKAM) bekerja sama dengan Rumah Sakit (RS) Onkologi Solo menggelar free medical check up khusus untuk ratusan guru mengaji di Solo Raya. Sejumlah  114 guru ngaji dari Surakarta, Boyolali, Sukoharjo,Wonogiri dan Klaten mengikuti acara check kesehatan itu.

Check kesehatan itu dilakukan secara menyeluruh dan gratis. Hal ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian FKAM terhadap ustadz, ustazah serta da’i yang tanpa kenal lelah dan tanpa pamrih, berdakwah hingga pelosok desa. "Ada sekitar 114 guru ngaji yang mengikuti, dengan  antusiasme cukup tinggi” ujar Dewan Syuro FKAM, Doktor MS Kalono, SH.MSi.

Umaier Khaz, puncak acara HUT FKAM KE – 25 mengundang beragam ustaz dari berbagai afiliasi dan cara dakwah.

Hal ini dilakukan dengan tujuan, untuk memperhatika kepada guru ngaji, karena mereka harus diperhatikan kesehatannya. Ungkapan itu diutarakan Kalono pada Sabtu 2 September 2023 dimana acara digelar selama dua hari, Jumat - Sabtu (1-2 September 2023 ) di Ghra Wakaf FKAM Surakarta yang beralamat Jalan Matoa Raya I No.99, Karangasem, Kec. Laweyan, Kota Surakarta.

Untuk keperluan ini FKAM  bekerja sama dengan Rumah Sakit (RS) Onkologi Solo. Para guru ngaji tersebut dilayani kesehatannya  berupa  pemeriksaan darah, SGOT (Serum Glutamic Oxaloacetic Transaminase) merupakan enzim yang biasanya ditemukan pada hati (liver), jantung, otot, ginjal, hingga otak.

SGOT dan SGPT

Sama halnya dengan  SGPT (Serum Glutamic Pyruvic Transaminase) merupakan enzim yang banyak terdapat dalam organ hati. SGOT Serum Glutamic Oxaloacetic Transaminase, merupakan enzim yang biasanya ditemukan pada hati (liver), jantung, otot, ginjal, hingga otak. Pemeriksaan SGOT dan SGPT untuk mengecek fungsi hati seperti membantu untuk mencerna protein dalam tubuh.

Proses check up kesehatan gratis, mewarnai HUT FKAM KE – 25.

Selain SGPT dan SGOT juga di cek glukosa sewaktu, kolesterol total, trigliserida, dan ureum. "Kegiatan ini kerja sama dengan RS Onkologi Solo dan jika diantara guru ngaji ini ditemukan penyakit bisa diobati," jelas Dr Kalono yang kini aktif sebagai advocat dan pegiat sosial itu sembari menambahkan, para guru ngaji itu juga diberikan edukasi kesehatan.

Sementara Ketua Umum FKAM, Umaier Khaz menjelaskan, acara medical check up untuk guru ngaji tersebut menjadi rangkaian acara menyambut 25 tahun FKAM. "Tema acaranya merajut harmoni dalam keberagaman dakwah. "Nanti tanggal 8 sampai 10 September di acara puncak kami mengundang beragam ustaz dari berbagai afiliasi dan cara dakwah," katanya.

Diasana akan ada pagelaran wayang jemblung dan ada tablikh akbar bersama Ustadz Wijayanto. Semua ustadz disatukan, sehingga bisa merajut harmoni. Saat ini anggota FKAM berjumlah sekitar 2.000 hingga 3.000 orang di sejumlah provinsi di Indonesia. “Para anggotanya juga ada yang dari Nahdatul Ulama (NU) dan uhammdiyah” tandasnya.  (Her)