3 DESA DI KECAMATAN JATIROTO MENERIMA BANTUAN AIR BERSIH DARI UTP SURAKARTA

 

Proses pemberian bantuan air bersih terhadap 3 desa di Kecamatan Jatiroto, Wonogiri.

WONOGIRI (JURNALKREASINDO.COM) - Yayasan Perguruan Tinggi  Tunas  Pembangunan (YPTTP)  dan  Universitas Tunas Pembangunan (UTP) Surakarta, pada  Kamis (26/10) menyalurkan bantuan berupa air bersih, di Kecamatan Jatiroto, Wonogiri, masing-masing  Desa Guno, Desa Dawungan dan Desa Brenggolo .

Kegiatan ini sebagai  pengabdian masyarakat untuk  warga yang kekurangan air bersih di  Kabupaten   Wonogiri.  Penyaluran bantuan dilaksanakan dewan pembina   YPTTP, dewan Pengurus YPTTP, bendahara YPTTP, rektor beserta jajarannya dan dosen, yang diwakili Dekan dan Wakil Dekan dari setiap Fakultas.

Dr. Rini Adiyani, koordinator  kegiatan ini memaparkan,  semula  kegiatan pengabdian masyarakat ini tercetus, mengingat sekarang lagi musim panas yang tak kunjung selesai , yang berdampak pada tiga desa yang berada di Jatiroto. Karena di tiga desa tersebut sama sekali belum turun hujan, akibatnya warga desa mengalami kekeringan hingga sampai saat ini.

Rektor dan jajaran petinggi, serta alumni UTP Surakarta foto bersama setelah beramah tamah.

"Ya hari ini kita akan menuju  kecamatan Jatiroto, Wonogiri dan mengunjungi tiga desa itu sekarang ini lagi kekurangan air bersih, maka kami membantunya sebagai bentuk kepedulian kita, sesama  umat manusia untuk memberikan kebermanfaatan  terhadap  saudara-saudara  kita  membutuhkan.  Maka kami sangat antusias, sehingga  ikut terjun langsung dalam kegiatan ini” paparnya

Menara Gading

Sementara   itu Rektor UTP Prof. Winarti sebelum pemberangkatan mengungkapkan, kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan wujud bakti sosial sebuah lembaga pendidikan terhadap masyarakat. “Saya mendengar cerita dari Ibu Rini, aerah disana mengalami kekeringan, jadi saya langsung menggandeng  teman-teman di UTP untuk  membantu air bersih” ujar Winarti

Hal ini bagi Universitas, sebagai  sebuah menara gading yang fungsinya tidak hanya  untuk   mencerdaskan bangsa saja, melainkan juga harus peka  dan memahami persoalan yang terjadi di Masyarakat.sesampai di Kecamatan Jatiroto, rombongan UTP disambut langusng  Camat Jatiroto beserta jajarannya.  

Selain itu ada 10 alumni UTP yang turut  andil dalam penyambutan acara silaturahmi dan ramah tamah dengan Camat, serta warga setempat. Rektor   UTP  dalam sambutannya mengatakan,   sangat menaruh   harapan, dimana kegiatan ini bisa menjadi satu perwujudan kerjasamakan dengan kecamatan Jatiroto maupun Kabupaten Wonogiri.

Terlebih lagi banyaknya alumni UTP yang berada di kecamatan tersebut yang rata-rata telah bekerja di pemerintahan dan menjadi perangkat atau staff di desa. “Tentunya saya bangga melihat para alumni yang sudah sukses, mengabdi untuk desanya, semoga saja  tidak berhenti  disini saja, tapi   kegiatan lain lagi  yang bisa dikolaborasikan” tandasnya

Silaturahmi ini tidak terputus, semoga nantinya ada wadah atau organisasi untuk alumni. Ditemui   terpisah,  Camat Jatiroto, Miran mengucapkan  rasa terimakasih kepada UTP Surakarta, atas bantuan air bersih untuk warganya. “Kami mewakili warga disini mengucapkan terima kasis terhadap Yayasan dan UTP khususnya,atas bantuan air bersih yang diberikan” imbuhnya

Bantuan air bersih ini, tentu sangat bermanfaat bagi warga, sehingga ini menjadi bukti, pihak Universitas dan pemerintah bisa bersama-sama saling peduli terhadap sesama.  Acara dilanjutkan penandatangan  berita acara antara Camat  Jatiroto dengan Rektor  UTP.  Seusai acara seremonial, rombongan UTP menuju 3 desa yang membutuhkan bantuan  tersebut. (Her)