Dr. ASTRID WIDAYANI : UNSA SIAPKAN PRODI BARU PASCA SARJANA FAKULTAS EKONOMI, BERBASIS KEWIRAUSAHAAN

 

Hj. Dr. Astrid Widayani, SS. SE. MBA, ketika memberikan keterngan pers.

SOLO (JURNALKREASINDO.COM) – Rektor Universitas Surakarta (UNSA), Hj. Dr. Astrid Widayani, SS.SE.MBA mengatakan, perguruan tinggi  yang dipimpinnya itu berkomitmen mengembangkan pendidikan lebih maju lewat serangkaian program. “Kami kini mempersiapkan prodi baru, jenjang pascasarjana fakultas ekonomi berbasis kewirausahaan” ujarnya

Untuk melakukan peningkatan reputasinya, Unsa mengembangkan dan menaikan ranking secara institusi, diantaranya capaian dari penelitian dosen, peningkatan pelayanan kegiatan kuliah dengan inovasi kelas baru secara hybrid dan kelas internasional di semester depan. Ungkapan Astrid ini diutarakan dalam jumpa pers pada Kamis (26/10/2023),di salah satu resto kawasan Colomadu.

 Hal ini sebagai rangkaian peringatan Dies Natalis Ke – 25 yang kegiatannya sudah diawali sejak 21 Oktober 2023 dengan visi universitas ‘Menjadi universitas unggul berbasis kewirausahaan menuju standar internasional ‘. Dimana pihaknya berkomitmen mencetak generasi unggul, mewujudkan program dan kegiatan riil, sehingga enjadi institusi terpercaya berbekal edupreneurship.

Para petinggi Unsa foto bersama, setelah berbincang-bincang dengan wartawan.

Astrid Widayani juga mengungkapkan universitasnya memiliki program UNSA Got Talent, berbasis minat dan bakat di bidang seni budaya. Mulai tahun inisemua potensi dari minat bakat mahasiswa akan diberikan ruang agar bisa berekspresi, baik seni dan budaya juga olahraga. Dies Natalis UNSA tahun ini mengambil tema ‘Membangun Jiwa Kreatif dan Inovatif.

Wawasan dan Dukungan

Dalam upaya untuk lebih mendukung dan mengapresiasi bakat mahasiswa, universitas ini memilih untuk menonjolkan aspek seni dan budaya, selain prestasi olahraga, bahasa dan pendidikan yang telah menjadi ciri khas UNSA. Pada kesempatan itu menghadirkan beberapa tokoh sukses dari berbagai sektor, baik pemerintahan maupun swasta lulusan dari Unsa.

Mereka akan memberikan wawasan dan dukungan dalam membangun masa depan universitas ini. Puncak perayaan Dies Natalis Unsa akan akan digelar acara wisuda mahasiswa di De’Colomadu, pada 28 Oktober 2023. Selain itu, nama Unsa telah terekspos secara nasional. Dimana Almas Tsaqib Birru ReA. Mahasiswa hukum semester 8 Unsa ini berprestasi bisa memenangkan gugatan ke MK.

Almas Tsaqib Birru ReA bakal dikenang mahasiswa Unsa berprestasi, selain dia juga 3 pemain sepak bola terkenal lulusan Unsa,  Rochy Putiray, Eduard Cong, dan Adi Swandana. Lembaga perguruan tinggi Unsa terus berupaya menelorkan sarjana yang kreatif, inovatimemiliki semangat passion di bidang keahlian tertentu.

Serangkaian Lomba

Rangkaian Kegiatan Dies Natalis UNSA Ke-25 dimeriahkan dengan perlombaan Badminton antar Dosen, Tendik dan Mahasiwa. English Competition, Duta Kampus. Kegiatan ini merupakan kompetisi intelektual mahasiswa berdasarkan kriteria kepemimpinan, public speaking, wawasan dan bahasa. Selain itu juga UNSA Got Talent yang menampilkan berbagai bakat dari para mahasiswa.

Para pelatih olahraga dan cruw yang mampu menciptakan berprestasi dan juara. 

Bahkan Bakti Sosial dan Donor Darah dan Santunan Anak Yatim di Auditorium Prof. Dr. H.S Brodjo Sudjono, S.H., MS. Pada momen tersebut UNSA membagikan 100 pack sembako kepada masyarakat sekitar yang membutuhkan. Baksos serta Donor Darah ini diharapkan mampu memberikan manfaat dalam penyediaan darah di PMI Surakarta serta membantu masyarakat di sekitar UNSA.

Dilanjutkan ziarah ke Makam Pendiri UNSA, kegiatan ini bertujuan untuk mengenang dan menghormati para pendiri Universitas Surakarta, serta mengenalkan kepada Segenap Civitas Akademika bahwa banyak nilai-nilai positif yang telah ditanamkan para pendiri Universitas Surakarta. “Ziarah diawali ke makam pendiri Universitas Surakarta Alm. H. H.S.Sumaryono di Taman Pemakaman Umum Bonoloyo Surakarta” paparnya

Pelantikan Pengurus IKA Unsa

Dilanjutkan ziarah makam Prof. Dr. H.S. Brodjo Sudjono, S.H., M.S yang terletak di Taman Pemakaman Umum Pracimaloyo Sukoharjo. Tigarangkaian acara, seperti  Business Pitching UNSA. Rangkaian kegiatan yang cukup mengundang perhatian mahasiswa UNSA yang membuat suatu rintisan bisnis wirausaha. “Perlombaan ini mahasiswa yang memiliki ide bisnis dapat mengeksplor mulai dari strategi penjualan, maupun potensi bisnis”  tuturnya.

Acara dilanjutkan dengan pelantikan pengurus Ikatan Keluarga Alumni UNSA (IKA UNSA). Dies Natalis UNSA, sekaligus Pengukuhan IKA UNSA yang mana menjadi wadah para alumni UNSA untuk bersilahturahmi dan bertukar informasi mengenai lowongankerja. Fun Walk, menyambut peringatan Hari Sumpah Pemuda 2023 dan Dies Natalis 25 tahun Unsa.

Perayaan ini diselenggarakan di area bebas kendaraan bermotor di Kota Solo dengan menggelar koor kolosal dengan menghadirkan sekitar 200 peserta siswa-siswi utusan SMA/SMK dan utusan etnis dan agama. Peserta jalan sehat yang semua mengenakan baju adat Nusantara. Mereka menyanyikan lagu-lagu Nasional, antara lain Indonesia Raya.

Juga Satu Nusa Satu Bangsa, Bagimu Negeri, Indonesia Pusaka, Maju tak Gentar, Tanah Airku dan sebagainya. Kehadiran siswa SMA/SMK se-Solo Raya sebagai bagian dari kerjasama dengan Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VII Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah. Acara ditutup, setelah koor kolosal berakhir, para peserta jalansehat akan membentangkan dan mengarak bendera merah-putih jumbo ukuran 6 x 100 meter,  di area CFD. (Her)