EVENT BUMN – UMKM GREAT SALE 2023, KOLABORASI PRADUK LOKAL UNGGULAN

 

BUMN- UMKM Great Sale 2023 dibuka dengan pemukulan kentongan dari para pejabat teras Pemkot Surakarta dan panitia penyelenggara.

SOLO (JURNALKREASINDO.COM) – Solo Great Sale (SGS) Ke IX  kembali digelar, salah satunya diramaikan dengan gelaran bertajuk  BUMN- UMKM Great Sale 2023. Kegiatan ini digelar selama 4 hari mulai Kamis-Minggu (19-22/10/2023), di Atrium Solo Paragon Mall. Even ini menampilkan kolaborasi produk-produk UMKM  unggulan lokal  di Solo Raya.  

Dalam acara ini berbagai produk UMKM unggulan dan berkualitas  dipamerkan dalam event  ini.  mulai dari produk batik dan fashion, kerajinan, aksesoris sampai kuliner atau jajanan. Berdasarkan informasi yang diunggah di website Solo Great Sale, https://www.sologreatsale.com, event tersebut juga menawarkan diskon up to 70 %.

Event BUMN-UMKM Great Sale 2023 siang itu dibuka langsung  Teguh Prakosa, SH, wakil walikota Solo yang dihadiri beberapa pejabat  pusat maupun daerah, diantaranya Deputi Bidang Sumber Daya Manusia (SDM), Teknologi dan Informasi Kementerian BUMN, Tedi Bharata, serta sejumlah tamu undangan dari Pemkot Solo, sejumlah direksi BUMN, Kadin, HIPMI dan lainnya.

Teguh Prakosa, SH, ketika memberikan sambutannya, hasil dari kolaborasi antar kementerian yang dikoordinatori Kementerian BUMN.

Pada kesempata itu, dalam sambutanya Teguh mengatakan, kegiatan ini merupakan hasil dari kolaborasi antar kementerian yang dikoordinatori Kementerian BUMN. Tujuan dari kegiatan tersebut untuk  mengangkat UMKM lokal unggulan agar naik kelas. “Kolaborasi BUMN – UMKM Ini dalam rangka menggerakkan ekonomi masyarakat” katanya

Produk Dalam Negeri

Selama ini Pemkot Solo juga terus berupaya untuk mengangkat UMKM melalui berbagai kegiatan dan program termasuk pendampingan dan pembangunan sejumlah selter. Tetapi untuk mendukung UMKM ini, bukan hanya berhenti pada pendampingan, melainkan butuh membuka pasar produk lokal yang berkualitas, sehingga konsumen lebih gemar terhadap produk dalam negeri “ tandasnya

Sedangkan Tedi juga menekankan,  kegiatan BUMN-UMKM Great Sale ini  merupakan implementasi dari tiga sektor yang menjadi fokus BUMN dalam program CSR. “Ada 3 sektor utama yang kami arahkan untuk CSR , yakni pendidikan, lingkungan dan UMKM. Dalam hal ini diperlukan kolaborasi untuk membantu UMKM.

Tarian tradisional, menghiyasi pembukaan BUMN- UMKM Great Sale 2023, di Atrium, Paragon  Mall, Solo.  

Menurutnya salah satu yang perlu ditingkatkan  untuk UMKM mengenai pemasaran, sehingga mampu membuktikan produk UMKM Indonesia itu menjadi unggulan. Dengan digelarnya event ini  mall, merupakan upaya untuk menunjukkan produk UMKM yang ditampilkan dalam pameran bergengsi sehingga naik kelas.

Dibangun Dan Dikembangkan

Pembinaan juga terus dibangun dan dikembangkan, sehingga dapat membantu para pengusaha kecil  dan menengah memiliki  legalitas produk. Kegiatan pendampingan UMKM seperti ini bukan hanya dilakukan di Solo saja, namun juga di kota-kota atau daerah-daerah lain. “Sehingga produk-produk lokal, bisa dipasarkan dengan baik, karena kualitasnya” harapnya

Sementara itu, dalam laporannya Daryono. SE selaku ketua panitia penyelenggaraan acara BUMN-UMKM Great Sale 2023 mengatakan, event  BUMN-UMKM Great Sale kali ini merupakan penyelenggaraa  Ke 6 dalam memeriahkan Solo Great Sale dan panitia mewadahi sekitar 100 UMKM dengan berbagai produk, dari pakaian hingga kerajinan dan kuliner.

Acara itu dibuka dengan  seremoni unik berupa pemukulan kentongan secara bersama-sama.  Event ini sejak awal memang didedikasikan identik dengan brand-brand, sebagai jawaban great sale tidak hanya untuk brand-brand internasional.  Melalui kolaborasi dengan pemerintah, BUMN, kementerian atau lembaga-lembaga terkait, diharapkan bisa memfasilitasi UMKM lebih baik. (Her)