DOSEN UNISRI TINGKATKAN KUALITAS, MELALUI PENELITIAN LEVEL INTERNASIONAL

Para dosen Unisri didorong untuk meningkatkan kualitasnya, melalui penelitian,

SOLO (JURNALKREASINDO.COM) - Para dosen dan peneliti Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta didorong untuk meningkatkan kualitas riset atau penelitian dan memperluas jangkauan penelitian hingga level internasional. Ungkapan itu diutarakan Wakil Rektor I Bidang Akademi Unisri, Saiful Bahri ketika membuka seminar research fair national (refanas) yang digelar di kampus setempat.

Acara itu digelar dalam seminar yang mengusung tema ‘Peningkatan Kualitas Luaran Penelitian Yang Berdampak Pada Kesejahteraan Masyarakat’ yang menghadirkan Prof Catur Sugiyanto Ph.D dari Universitas Gajah Mada dihadirkan sebagai pembicara. "Kita menekankan kepada LP2M agar menggerakan para dosen untuk meningkatkan budaya riset dan pengabdian, serta dapat pendanaan dari luar negeri" kata Saiful.

Dalam kesempatan itu Sauful juga mengingatkan, pentingnya riset yang digarap bersama-sama atau kolaborasi antar bidang melalui LP2M (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat) dan pusat studi. "Logikanya, kalau proposal riset digarap sendirian akan terasa berat tapi kalau digarap bersama-sama, bergotong royong, mudah-mudahan akan terasa ringan," jelasnya.

Riset Kolabirasi

Dalam riset kolabirasi itu, diharapkan pusat studi yang ada di Unisri bisa menjadi penggerak sesuai dengan bidangnya. Sementara dalam laporan, Kepala LP2M Unisri Dr Anita Trisiana menyampaikan, seminar refanas adalah kegiatan rutin setahun sekali yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas penelitian atau riset.

Dengan Refanas ini kita bisa melakukan evaluasi, riset kita seperti apa, hasil dan luarannya seperti apa sehingga dari tahun ke tahun riset kita terus meningkat kualitasnya, kata Dr Anita, yang berharap, akan banyak tim peneliti Unisri yang akan membuat proposal untuk diajukan.

Ia mengatakan, kalau tahun 2023 ini Unisri baru mendapat dana hibah untuk 4 penelitian dan 4 pengabdian, dihatapkan tahun bisa bertambah. "Ayo kita bersama-sama berkompetisi untuk meningkatkan kualitas proposal penelitian kita agar mendapatkan dana hibah dari pemerintah," katanya. (Her)