LPPM UNISRI LATIH TP PKK KELURAHAN PUCANGSAWIT, MEMBUAT MPASI UNTUK ANAK USIA 1 TAHUN

Keakraban bersama antara narasumber dengan para ibu-ibu TP PKK Pucangsawit, Jebres, Solo.

 SOLO (JURNALKREASINDO.COM) - LPPM Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta melatih TP PKK kelurahan Pucangsawit, Solo dalam pembuatan MPASI, pada Senin (30/10/2023) bertempat di Laboratorium Bakery FATIPA. Ketua LPPM, Yani Asrie Widanti, STP, MGizi, MPd mengatakan, angka kejadian stunting yang masih tinggi di Wilayah Kota Surakarta.

Khususnya, di kelurahan Pucangsawit, Kecamatan Jebres  ini memerlukan tindakan nyata untuk memperbaiki kondisi yang ada. Salah satu cara mengatasi stunting, dengan memastikan asupan gizi yang kuat sejak dini.  Usia 1-2 tahun merupakan masa pengenalan makanan semi padat, berupa MPASI. Pada usia ini, selera makan anak sudah mulai bisa dibentuk. 

Suasana praktek dengan menerapkan prinsip-prinsip pembuatan MPASI.

Dengan cara mengenalkan berbagai bahan pangan untuk memenuhi kebutuhan gizinya. Dalam rangka pengentasan stunting di tengah masyarakat, maka LPPM Unisri bekerja sama dengan Tim Penggerak PKK kelurahan Pucangsawit, menyelenggarakan pelatihan pembuatan MPASI.

Bersih dan Hiegenis

Kegiatan yang dilaksanakan di Laboratorium Rekayasa Pangan Fakultas Teknologi dan Industri Pangan (FATIPA) Universitas Slamet Riyadi ini, diikuti  15 orang TP PKK Kelurahan Pucangsawit dengan narasumber Yannie Asrie Widanti, STP, M. Gizi, M. Pd. Pelatihan diberikan dalam bentuk teori dan praktek dengan menerapkan prinsip-prinsip pembuatan MPASI .

Yaitu bersih dan hiegenis, komposisi gizi seimbang, dan cara pengolahan yang benar sesuai prinsip Cara Pengolahan Pangan Olahan Yang Baik (CPPOB). Kegiatan ini akan terus ditindaklanjuti dengan pendampingan pemberian MPASI yang berkualitas bagi balita di wilayah kelurahan Pucangsawit.

Menurut Ketua TP PKK Kelurahan Pucangsawit, Lusia Sari Murniati, S.Kom, M.Eng, perbaikan status gizi memerlukan kreativitas ibu rumah tangga dalam penyusunan dan penyajian MPASI. Sehingga melalui kegiatan ini diharapkan anggota TP PKK Pucangsawit memperoleh pengetahuan dan keterampilan dalam pengolahan MPASI untuk diteruskan kepada masyarakat luas. (Her)