PMB UTP SURAKARTA 2024-2025 DIBUKA, DENGAN TEMA ‘BERSINERGI DAN BERINOVASI UNTUK UTP JUARA’

Prosesi pemotongan tumpeng oleh Prof. Winarti, Rektor UTP Surakarta dalam acara pembukaan PMB TA 2024-2025.

SOLO (JURNALKREASINDO.COM) - Universitas Tunas Pembangunan (UTP) Surakarta  per tanggal 08 Januari 2023 secara resmi telah membuka penerimaan mahasiswa baru (PMB) tahun akademik 2024/2025. Pembukaan mahasiswa baru 2024/2025 dikemas dengan acara yang bertemakan Bersinergi dan Berinovasi untuk UTP Juara.

Serangkaian acara itu, diawali dengan pemutaran video kaleidoskop 2023 dan testimoni mahasiswa, launching PMB, tausiyah dan doa bersama, sambutan Rektor dan ketua Dewan Pengurus YPTTP Surakarta, dan terakhir pemotongan tumpeng. Launching PMB dikemas dengan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, yaitu dibuat dengan bermain games puzzle.

Permainan ini melibatkan seluruh civitas akademika UTP Surakarta dari pimpinan, dosen, tenaga kependidikan, serta mahasiswa. Dalam games puzzle tim humas dan promosi menggunakan animasi digital, sehingga audience diajak untuk terlibat dalam permainan ini. “Kenapa kita menggunakan teknologi digital dalam permainan puzzle “ tanya Fatkhul Imron, kepala Humas dan Promosi UTP.

Hal ini agar sesuai dengan tema, yaitu berinovasi dan bersinergi. Saat ini dituntut untuk berinovasi dalam memanfaatkan teknologi. “Maka dari itu kami berpikir untuk melibatkan semua civitas akademika dalam permainan ini namun dibantu dengan teknologi. Saya rasa ini juga belum pernah dilakukan oleh UTP sebelumnya” ungkap Fatkhul Imron

Berkompeten, Berkualitas dan Berkarakter

Dalam peresmian dibukanya penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2024/2025, Prof. Winarti, Rektor UTP  saat memberikan sambutannya, menekankan kunci inovasi dan sinergi. Menurutnya  sinergi dan inovasi merupakan 2 elemen untuk memperkokoh pondasi civitas akademika UTP Surakarta, dalam melakukan promosi. 

Prof. Winarti, ketika memberikan arahannya dihadapan Ketua Dewan Pengurus dan Sekertaris Yayasan Perguruan Tinggi Tunas Pembangunan Surakarta (YPTTP) dan juga perwakilan mahasiswa yang tergabung dalam Duta Promosi Kampus UTP (squad jawara).

Sehingga luarannya dapat meningkatkan jumlah mahasiswa serta mendapatkan mahasiswa baru yang berkompeten, berkualitas dan berkarakter.   “Saya percaya, jika bapak dan ibu mau bersama-sama untuk kerja keras, tekun, dan semangat kolaboratif, goals kita untuk bisa meningkatkan perolehan jumlah mahasiswa di tahun ini dapat tercapai” tuturnya

Tidak hanya secara kuantitas tapi kitab isa mendapatkan calon-calon mahasiswa yangunggul, berkomepeten, berkarakter dan berkualitas. Ia juga menyoroti soal Gen Z, dimana mahasiswa yang akan belajar di UTP kebanyakan adalah Gen Z yang memiliki karakter mudah bosan, banyak mau, tapi bagus dalam berkreativitas.

Pemotongan Tumpeng

Untuk menyiasatinya, perlunya pembaharuan dalam pembelajaran. Jangan sampai dosen maupun tenaga kependidikan tertinggal dari mahasiswanya. Sehingga  harus terus melakukan peningkatan baik dalam layanan akademik Tri Dharma dan lain sebagainya.”Termasuk fasilitas kita harus mencerminkan hal-hal yang inovatif, sehingga sebagai perguruan tinggi swasta bisa terus eksis” ujarnya

Bahkan diminati dan dipercaya oleh masyarakat.  Selain Rektorat, civitas akademika kantor pusat UTP, serta para panitia PMB UTP 2024/2025. Acara launching PMB 2024/2025 ini juga dihadiri Ketua Dewan Pengurus dan Sekertaris Yayasan Perguruan Tinggi Tunas Pembangunan Surakarta (YPTTP) dan juga perwakilan mahasiswa yang tergabung dalam Duta Promosi Kampus UTP (squad jawara).

Selanjutnya acara ditutup dengan pemotongan tumpeng oleh Rektor, Wakil Rektor 1,2, dan 3 diserahkan kepada Kepala UPT Humas dan Promosi (Fatkhul Imron), Dekan Fakultas Teknik (Tri Hartanto), Dekan Fakultas Pertanian (Agus Budiono), Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (Sri Wijiastuti) dan Dekan Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (Joko Sulistyono) secara bergantian.

Mencari Informasi

Lebih lanjut, Fatkhul Imron menyampaikan, sudah banyak calon mahasiswa yang sudah menanyakan tentang pendaftaran di UTP, namun dirasa ini waktunya yang tepat, membuka awal tahun 2024 dengan semangat yang baru dan juga persiapan tim dalam mempersiapkan acara launching ini.  “Ketika sudah launching, tim sudah siap, maka calon mahasiswa bisa mencari informasi” katanya

Baik tentang pendaftaran kuliah di UTP Surakarta bisa didapatkan melalui website UTP www.utp.ac.id atau  Instagram @utp_surakarta. UTP membuka program reguler, kelas karyawan dan juga tersedia banyak program beasiswa salah satunya adalah beassiwa TPS (Tunas Pembangunan Scholarship). (Her)