PMB UNISRI MULAI DIBUKA, BANYAK JALUR BEASISWA AKADEMIK DAN PRESTASI UNTUK CALON MAHASISWA BARU

Dr.Joko Pramono,Ssos, Msi, saat memberikan apresiasi untuk , Jamiah Langgeng Lestari atas prestasinya meraih juara kedua dalam dalam Grand Final International SDG Student Competition (ISSCO) 2024.

SOLO (JURNALKREASINDO.COM)Penerimaan mahasiswa baru (PMB) Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta sudah mulai dibuka. Untuk calon mahasiswa yang diterima di perguruan tinggi ini ada banyak keringanan pembiayaan perkuliahan bagi kreteria yang memenuhi syarat dan memang membutuhkan. “Selain itu juga banyak jalur beasiswa, baik secara akademik maupun presatasi” ujar Dr.Joko Pramono,Ssos, Msi

Ungkapan Joko Pramono, wakil rektor III bidang kemahasiswaan dan kerjasama itu diutarakan kepada wartawan, saat menggelar buka puasa bersama, pada Rabu (3/4/2024)  disalah satu hotel  ternama di Kota Solo. Beasiswa itu baik dari lembaga-lembaga perbankan, ada dari Bank Indonesia, BNI 46, Yayasan Perguruan Tinggi Slamet Riyadi dan masih ada lagi yang lainnya.

Beasiswa itu bisa diperoleh dari prestasi olahraga, seni juga bagi calon mahasiswa yang secara akademik memiliki keunggulan tertentu. “Jadi banyak beasiswa yang sifatnya nasional, Internasional dan mahasiswa yang termasuk keluarga yang kurang mampu, tetapi prestasinya bagus juga diberikan beasiswa. Diharapkan prestasi-prestasi akademik maupun non akademik cukup menonjol” tuturnya 

Ketika Joko Pramono memberikan keterangan kepada wartawan dalam acara buka puasa bersama.

Pada kesempatan itu Joko juga memberikan apresiasi terhadap prestasi internasional yang diraih salah seorang mahasiswa Prodi Bahasa Inggris, Jamiah Langgeng Lestari. Mahasiswa ini telah berhasil meraih juara kedua dalam dalam Grand Final International SDG Student Competition (ISSCO) 2024, Speech Competition on SDG Nomeor 4 Quality Education yang digelar Universitas Negeri Semarang.

Bertaraf Internasional

Dalam lomba bertaraf internasional itu dilakukan secara zoom meeting diikuti 148 peserta dari 8 negara, diantaranya Indonesia, Ghana, Kanada, Taiwan, Malaysia, Philipina, China dan Timur Leste. Joko Pramono menjelaskan, prestasi internasional yang diraih Jamiah Langgeng Lestari itu, menunjukkan dengan kuliah di Unisri, seorang mahasiswa bisa berprestasi tingkat internasional.

"Semoga capaian sadari Tari ini bisa menyemangati mahasiswa Unisri lainnya untuk berprestasi," ujar Joko sembari menambahkan, pihak Unisri berkomitmen untuk terus mencetak mahasiswa dan lulusan Unisri berprestasi. " Berbagai jenis beasiswa disediakan pihak kampus Unisri, sebagai daya tarik yang positif untuk kemajuan kualitas perguruan tinggi” tandasnya

Selain itu juga termasuk program unggulan penerimaan mahasiswa baru dengan program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL). Program RPL ini menyasar kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) yang belum memiliki gelar sarjana dan berniat menyelesaikan gelar S-1 nya di Unisri. Jalur PMB RPL merupakan pembelajaran dapat berasal dari pendidikan formal lain. (Her)