OBEDIYA JONES-DARRELL PENULIS LOOK WITHIN, TAMPILKN LAKON DEWA RUCI

Ki Margono, ketika mendalang dengan mengetengahkan lakon Dewa Ruci, malam itu.

SOLO (JURNALKREASINDO.COM) -  Obediya Jones-Darrell berkolaborasi dengan Semarak Candrakirana Art Center menampilkan pagelaran wayang kulit pada Sabtu, 18 Mei 2024 di Pendapa Semarak Candrakirana Art Center. Obediya Jones-Darrell adalah penulis naskah Look Within, yaitu naskah yang ditulis berdasarkan legenda kebudayaan Jawa.

Naskah Look Within diterjemahkan, diadaptasikan dan ditampilkan oleh Dalang Ki Margono,  pimpinan Sanggar Wayang Gogon dengan judul Lakon Dewa Ruci. Obediya Jones-Darrell saat ini aktif di Sound Body Culture, sebuah perusahaan kesenian kreatif Kanada dengan beragam portofolio teater, film produksi TV, komposisi music dan buku audio.

Selain itu juga animasi, dan jasa percetakan. Sound Body Culture telah memenangkan penghargaan pasar Amerika dan Kanada. “Saya pertama kali ke Jawa pada tahun 1998 menampilkan orkestra gamelan, musik pengiring pertunjukan wayang” ujarnya sembari menambahkan, . Lalu beberapa tahun lalu bekerjasama dengan Akademi Seni Mangkunegaran secara online.

Tahun ini, Ia datang menampilkan karya saya Look Within dalam pagelaran wayang kulit yang diadaptasi ke dalam Bahasa Jawa oleh Dalang Ki Margono.  Look Within merupakan cerita perjalanan Bima mencari air suci untuk menjadi tidak terkalahkan pada Perang Baratayuda. Bima mendaki puncak gunung hingga menyelam di lautan untuk mendapatkan air suci” jelasnya

Bisa Berlanjut

Di akhir perjalanannya, dia menyadari bahwa dalam dirinya kekuatan yang dia cari. Lakon Dewa Ruci adalah adaptasi naskah Look Within oleh Dalang Ki Margono. Dalang Ki Margono ditemani dalang pendukung diiringi live musik gamelan. Tokoh utama bernama Bratasena yang haus ilmu mengalami perjalanan panjang dari gunung hingga lautan.

Cerita diakhiri dengan Bratasena yang menjadi Werkudara dan bermeditasi. Pimpinan Semarak Candrakirana Art Center, R.Ay. Irawati Kusumorasri, M.Sn. berharap kolaborasi ini akan menciptakan keberlanjutan kolaborasi di bidang seni lainnya. Diharapkan kolaborasi antara Semarak Candrakirana Art Center dan Sound Body Culture ini merupakan awal yang baik.

Sehingga nantinya bisa berlanjut ke seni pertunjukan lainnya, ungkap R.Ay. Irawati Kusumorasri, M.Sn dan menambahkan, rangkaian acara pagelaran wayang kulit, yaitu tari gambyong oleh Semarak Candrakirana Art Center, sambutan oleh Obediya Jones-Darrell, penyerahan cinderamata, pentas wayang kulit. (Tgr)