MANAJEMEN  PELAYANAN  HEMODIALISIS  DI RSUD BUNG  KARNO  SOLO   BERI  PELAYANAN PRIMA DAN    BERORIENTASI PADA  KEPUASAN  PELANGGAN  DAN  KESELAMATAN PASIEN

 


Suasana Ruang Hemodialisa


SOLO (JURNALKREASINDO.COM)-Pelayanan hemodialisis sudah banyak dilakukan diseluruh Indonesia mulai dari Rumah Sakit Besar hingga Klinik Pratama, diperlukan standar pelayanan Hemodialisis.

Manajemen pelayanan hemodialisis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bung Karno Surakarta  bertujuan untuk memberikan pelayanan prima  dan berorientasi pada kepuasan pelanggan dan keselamatan pasien.
Direktur Utama RSUD Bung Karno Solo dr Wahyu Indianto didampingi dr Bintang Setya Nusantara Kepala Bidang Pelayanan Medis dan Keperawatan
RSUD Bung Karno yang  terletak
di Jalan  Sungai Serang I, Semanggi, Kecamatan . Pasar Kliwon,  Solo
kepada wartawan Selasa (5/10/2021) mengatakan
untuk memenuhi standar mutu pelayanan dalam mencapai pelayanan prima dan paripurna maka harus memenuhi standar pelayanan sebagai berikut . Pertama
 Adanya fasilitas ruang hemodialisa. "Harus
memenuhi standar keamanan gedung sesuai aturan pemerintah. Juga
tersedia generator listrik dan
tersedia fasilitas kebakaran (APAR / Hidran) .
Tempat penyimpanan B3 (MSDS & simbol). Ada
jalur evakuasi dan emergency Call sistem." papar dr Wahyu Indianto.
Sementara
tempat tidur/kursi pasien harus memiliki pengaman sesuai standar K3RS.

Lingkungan Aman

Lingkungan aman, nyaman dan privasi pasien terjaga.
"Peralatan medis standar seperti stetoskop, tensimeter, timbangan berat badan, termometer dan sebagainya dengan jumlah sesuai kebutuhan. "tambahnya.
Troli emergensi dan perlengkapan RJP sekurang-kurangnya terdiri dari ambu viva, defibrillator, peralatan suction, endotracheal tube, Monitor EKG, oksimeter
Ruang Reuse dan penyimpanan dialiser reuse, peralatan reuse dialiser manual atau otomatis, ruangan pengolahan air (AAMI standard). "
Ruangan sterilisasi alat ruangan penyimpanan obat &alat/ BMHP (suhu terpantau). Mempunyai sarana pembuangan dan pengolahan limbah medis," ujarnya.
Sementara tersedia
mesin hemodialisis yang siap pakai dan spesifikasi teknik sesuai standar keselamatan pasien. "Minimal terdapat satu mesin cadangan yang siap setiap saat di unit dialisis untuk setiap enam  mesin HD,"kata Direktur Utama RSUD Bung Karno Solo dr Wahyu Indianto.
Pelayanan dilakukan sesuai Standar Prosedur Operasional HD dan Intruksi Kerja
Peralatan yang tersedia harus memenuhi kriteria standar (kalibrasi secara berkala oleh badan terakreditasi)
Semua tindakan harus terdokumentasi di dalam  CPPT/form pemantauan HD dalam rekam medis pasien
Harus ada sistem monitoring dan evaluasi.(War).