SINONGGI MAKANAN POKOK KHAS SUKU TOLAKI

 

Sinonggi dengan bumbu gule ikan dan  kuah sayur.

KENDARI (JURNALKREASINDO.COM) - Kendati terbuat dari pati sari sagu, namun bagi suku Tolaki merupakan makanan pokok masyarakat Kendari, Sulawesi Tenggara. Era, penduduk asli Kendari mengemukakan Sinonggi  sebagai makanan terkenal di Kendari,  juga disukai masyarakat Kendari.

"Terutama suku Tolaki atau penduduk asli Kendari," ujarnya Era yang , penduduk kelahiran Kendari ini juga mengatakan, Sinonggi berasal dari kata Posonggi atau songgi,  merupakan alat berupa sumpit yang terbuat dari bambu  yang dihaluskan sepanjang sekitar s 10 cm.

Memakai alat ini, untuk sinonggi dari tempat penyajian berupa pati sari sagu dengan cara digulung. Sinonggi yang diambil diletakkan ke piring yang telah diisi kuah sayur sambil diambil bersama ikan dan bumbu gulenya.

Langsung Ditelan

"Gulungan Sinonggi berupa pati  sari sagu, untuk kemudian diambil memakai tangan, diracik kecil-kecil  dimasukkan ke dalam mulut. Meski masuk kedalam mulut, tetapi tidak dikunyah, tapi ditelan langsung," ungkapnya.

Lebih lanjut Era mengatakan, sagu diambil dari pohon sagu yang banyak tumbuh di perkampungan Kuko Hulu di sungai Konaweha, yang kini dikenal Latoma Tua. Tepatnya dekat Ulu Iwoi, Kabupaten Kolaka.

Dulu Sinonggi disimpan dalam dulang yang terbuat dari kayu. Namun seiring perubahan jaman, sinonggi tidak ditaruh dalam dulang kayu tapi ditaruh dalam baskom tapi dalam cawan atau mangkok.  (Eps)