PEMBURU KULINER, BISA MENIKMATI BERBAGAI MACAM SATE DI SOLO CULINARY FESTIVAL 2023

Daryono (paling kiri) ketika memberikan keterangan kepada wartawan yang bertugas di Soloraya.

SOLO (JURNALKREASINDO.COM) – Warga Solo bakaI menikmati bisa menikmati berbagai macam jenis sate di acara Solo Indonesia Culinary Festival  (SICF)2023, mulai Kamis (9/3/2023) hingga Minggu (12/3/2023) di Benteng Vastenburg.  Angkaian kegiatan peringatan Hari Jadi Kota Solo Ke-278.

Kota Solo yang dikenal sebagai kota budaya dan wisata dengan beragam destinasi wisata, maka pada  saat itu bisa menikmati berbagai pilihan makanan, terutama sate. Makanan Khas kota ini tidak hanya disuka para wisatawan domestik, namun juga digemari wisatawan mancanegara.

Pernyataan itu diutarakan Daryono, Ketua penyelenggara Solo Indonesia Culinary Festival 2023 saajumapa pers pada Kamis (23/02/2023) di Kantor Bakorwil Solo. Diketahui, Solo Indonesia Culinary Festival (SICF) merupakan kegiatan promosi pariwisata Solo yang dilaksanakan rutin setiap tahun. 

Aneka jenis sate bakal dinikmati wisatawan yang berkunjung di Solo. 

Ketika acara itu diselenggarakan akan menyediakan ratusan stand makanan khas Solo. SICF ke-8 ini sebagai bentuk keberanekaragaman serta kelezatan kuliner nusantara. “Sebagai gambarkan cita rasa budaya bangsa, menjadi kekayaan kuliner  dari Sabang hingga Merauke” kata Daryono.

Membangkitkan Ekonomi

Hal itu merupakan  sarana untuk mengoptimalkan kepentingan, apresiasi, edukasi, konservasi, juga promosi pariwisata, kegiatan ini juga diharapkan dapat mendongkrak pengembangan kemajuan ekonomi kreatif, terkhusus kuliner.

Saat ini Kota Solo potensi event pariwisata di Solo sedang menggeliat, termasuk MICE dan rekreasi, akibatnya mengundang rombongan ataupun pribadi datang ke Solo untuk menikmati kulinernya. Keberanekaragaman dan kelezatan kuliner nusantara.

Semua ini sebagai bukti warisan pusaka/heritage yang perlu dilestarikan dan dioptimalkan, baik untuk kepentingan apresiasi, konservasi, edukasi promosi untuk kepentingan Pariwisata. Pemerintah Kota Surakarta dengan dukungan Pemprop Jawa Tengah dan Kementerian Ri terkait.

Sinergi Event Stakeholder

Selain itu SICF juga bersinergi dengan stakeholder terkait, seperti KADIN, INCCA, PPJL ASITA, BPPDS dan sebagainya. Sedangkan tema yang diangkat saat ini ‘Ragam Cita Rasa Kuliner Nusantara Bukti Kebhinekaan Bangsa’

Pada kesempat ini sekaligus untuk mempromosikan potensi-potensi kuliner daerah sebagai daya tarik pariwisata daerah & nasional. Upaya mendorong kemajuan dan pertumbuhan ekonomi kreatif khususnya subsektor kuliner.

Bahkan sebagi ajang apresiasi, edukasi, dan promosi potensi kepariwisataan daerah di Indonesia. Mendukung program pembangunan & pengembangan kepariwisataan di 5 destinasi super prioritas. Selama event digela panitia akan membagikan secara gratis kuliner-kuliner unggulan legendaris ini. (Her)