MULAI HARI INI KA MANAHAN JURUSAN SOLO – GAMBIR DILUNCURKAN

 

Teguh Prakosa, SH ketika menerima cindera mata dari Heru Kuswanto, dalam acara peluncuran KA Manahan

SOLO (JURNALKREASINDO.COM) – Mulai hari ini, Senin 1 juni 2023 Kereta Api (KA) Manahan dioperasikan. Peluncuran KA baru tersebut dilakukan PT Kereta Api Indonesia (Persero) di Stasiun Solo Balapan, Kota Solo. KA Manahan melayani relasi Stasiun Solo Balapan - Stasiun Gambir Jakarta.

Untuk  sementara, pada bulan Juni ini KA Manahan hanya akanberoperasi pada akhir pekan, yakni Jumat, Sabtu dan Minggu. KA Manahan nomor 79F berangkat  dari Stasiun Solo Balapan pukul 09.45 WIB dan sampai Stasiun Gambir pukul 18.03WIB.

Sedangkan untuk KA Manahan nomor 81F relasi Solo Balapan-Gambir, berangkat dari stasiun Solo Balapan pukul 22.35 WIB dan sampai Stasiun Gambir pukul 0636 WIB. "Karena demand relasi Solo Jakarta tinggi dan secara internal sudah melakukan speed up peningkatan kecepatan” ujar Direktur Pengelolaan Prasarana KAI, Heru Kuswanto

Peluncuran perdana KA Manahan ditandai dengan aba-aba wakil walikota Solo.

Dengan tujuan untuk mempersingkat waktu tempuh, katanya, berdasarkan kajian dari bidang komersial, rata-rata okupansi KA relasi Solo Jakarta pada akhir pekan selalu penuh. Bahkan tidak tertampung KA yang ada sebelumnya seperti Argo Lawu dan Argo Dwipangga.

Menampung Pasar Solo

"Bahkan oleh KA yang lewat seperti KA Bima dan Gajayana tidak bisa menampung untuk pasar Solo Yogyakarta. Nah makanya kita tambah," jelasnya sembari menambahkan, untuk harga tiket, berlaku fluktuati,  tetapi saat ini masih ada diskon khusus dan masih berlaku Rp 200.000.

Dalam 1 rangkaian KA Manahan ada delapan gerbong dan setiap gerbong kapasitas tempat duduk 50. "Dengan dioperasikannya KA baru ini tentunya akan menambah pilihan perjalanan menggunakan KA sehingga masyarakat dapat menyesuaikan dengan waktu yang diinginkan," katanya.

Prosesi pemberian tali asih untuk anak yatim piatu.

Peluncuran KA Manahan tersebut dilakukan bersamaan dengan hari pertama pemberlakuan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka). Peresmian KA Manahan juga dihadiri Wakil Walikota Solo, Teguh Prakosa serta jajaran Daop VI Yogyakarta.

Dua KA Baru

Semantara itu seperti diberitakan sebelumnya, manager Humas PT KAI Daops 6 Yogyakarta Franoto Wibowo, pada bulan Juni 2023 ini bakal diluncurkan dua KA di Solo mengatakan,  pengoperasian KA tersebut sebagai upaya KAI dalam meningkatkan layanan kepada masyarakat.

"Pada tahap awal, baik KA Manahan maupun KA Banyubiru akan beroperasi pada akhir pekan," katanya seraya menambahkan, dengan dioperasikannya KA baru tersebut diharapkan akan menambah pilihan perjalanan menggunakan KA, sehingga masyarakat dapat menyesuaikan dengan waktu yang diinginkan.

Untuk menambah minat masyarakat, di awal operasi, pihaknya menerapkan tarif promo, yakni KA Manahan seharga Rp 200.000 dan KA Banyubiru dengan tiket Rp30.000 untuk kelas eksekutif dan Rp 20.000 untuk kelas ekonomi.

Animo Masyarakat

Pihaknya berharap dengan adanya KA baru akan mampu meningkatkan animo masyarakat dalam melakukan perjalanan menggunakan moda transportasi umum. Franoto menjelaskan,  mengingat pembelian tiket kereta api jarak jauh dapat dilakukan sejak H-30, sehingga saat ini masyarakat sudah bisa membeli tiket KA-KA tersebut.

Jadwal  baru tersebut sudah tercantum dalam Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2023 untuk menggantikan Gapeka 2021 yang sebelumnya sudah diberlakukan. Dikatakan, terdapat berbagai faktor yang melatarbelakangi perubahan Gapeka dari 2021 ke 2023.

Diantaranya, adanya jalur ganda yang dibangun oleh Kementerian Perhubungan seperti di lintas Gedebage-Haurpugur, pengoperasian lintas double-double track (DDT) Cakung-Bekasi, peningkatan kecepatan prasarana di berbagai lintas hingga 120 km/jam, perubahan sistem persinyalan, serta pengoperasian Jembatan nomor 1120 lintas Bumiayu-Linggapura. (Her)