MALAM APRESIASI HETERO FOR STARTUP SEASON 3, MOMENT PERTEMUAN INVESTOR DENGAN GANJAR PRANOWO

 

Foto bersama Ganjar Pranowo, selaku Gubernur Jawa Tengah, Eddy Sulistyo, Bramiyanto, SE, MM selaku KepalaDinas Koperasi dan UMKM Jawa Tengah, Ha%a Hatnansya Yunus, S.STP, M.Si selaku Sekretaris Dinas Koperasi UKMJawa Tengah, dan  Elvira Lianita selaku Direktur PT HM Sampoerna Tbk. peserta Hetero for Startup Season 3.

SEMARANG (JURNALKREASINDO.COM) - Hetero Space bersama dengan Impala Network bekerja sama dengan PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna) melalui Payung Program Keberlanjutan  ‘Sampoerna   Untuk Indonesia’ (SUI), menggelar Investor Meet  dan  Awarding Night Hetero for Startup Season 3.

Acara temu investor dan malam apresiasi tersebut terselenggara pada Rabu (16/08/2023) sebagai sesi akhir dari serangkaian program Hetero for Startup Season 3. Dimulai dengan   kegiatan   Investor   Meet  yang  diadakan  di Hetero Space  Semarang.

Dalam kesempatan itu para startup mendapat kesempatan untuk berkomunikasi langsung dengan para investor dan memperkenalkan bisnis mereka dalam sesi tatap muka. Para investor yang hadir adalah Cakra Ventures dan Eempat Kapital.

Sesi  1-on-1 peserta bersama investorSesi 1-on-1 peserta bersama investor. Sesi selanjutnya adalah Awarding Night yang dilaksanakan di Puri Gedeh.

Awarding Night ini merupakan malam  apresiasi   sebagai   puncak acara   dalam   program   ‘Hetero   for   Startup’  yang dirancang untuk memberikan penghargaan kepada para startup yang telah berhasil menunjukkan prestasi dan inovasi yang luar biasa, selama   mengikuti  program   ini. 

Dihadiri Ganjar Pranowo

Dalam acara tersebut  hadir Ganjar  Pranowo (Gubernur Jawa Tengah) dan Eddy Sulisto Bramiyanto, SE, MM (Kepala Dinas Koperasi dan UMKM).  “Upaya pengembangan UMKM ini juga sejalan dengan komitmen kami di Sampoerna” Direktur Sampoerna, Elvira Lianita

Juga diungkapkan,kita sama-sama berharap, bahwa manfaatnya akan dirasakan juga oleh lingkungan sekitar para entrepreneur yang hebat ini. pada Awarding Night Hetero for Startup Season 3. Elvira   mengatakan,  semangat  program  ini juga sejalan dengan  komitmen  Sampoerna  di bidang pengembangan sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia.

Ia mengatakan,  Sampoerna  memiliki  dua program utama  pemberdayaan   UMKM   di   bawah   payung Program Keberlanjutan  “Sampoerna Untuk  Indonesia”,  yaitu program  Sampoerna  Entrepreneur ship Training Center (SETC) yang telah memberikan bimbingan kepada pelaku UMKM dari berbagai bidang.

Pemberdayaan Toko Kelontong

serta program pemberdayaan toko kelontong Sampoerna Retail Community (SRC) dengan anggota yang tersebar di seluruh Indonesia.  Elvira juga menyampaikan harapannya agar kolaborasi ini  dapat Dalam 3 tahun pelaksanaannya Hetero for Startup telah menjaring 4.126 bisnis dari 7 kategori dari   seluruhIndonesia.

 Para peserta, ketika berbincang-bincang dengan Ganjar Pranowo.

 Berdasarkan survei dari alumni Hetero for Startup (Season 1 dan 2), bisnis mereka mengalami peningkatan omzet rata-rata 250% setelah mengikui program inkubasi di Hetero for Startup. Alumni Hetero for Startup Season 1 dan 2 juga mengalami peningkatan jumlah karyawan.

Rata-rata sebesar 60%.Hal   ini   akan   memberikan   dampak   penyerapan   tenaga   kerja   yang   semakin   besar   dan   peningkatanperekonomian  di   lingkungan  usaha  mereka.  

Program Hetero For Startup  

Di bagian legalitas bisnis,  sekitar 8  dari   10 bisnis yang mengikuti program Hetero for Startup   belum memiliki badan usaha maupun legalitas lainnya.  Lalu, setelah mengikuti program Hetero for Startup, para alumni telah memiliki badan usaha maupun legalitasbisnis  yang diperlukan.

Pada  aspek  keberlanjutan  bisnis,   100%  dari alumni  Hetero  for Startup  yang masuk ke tahapan bootcamp, bisnisnya masih berjalan dan terus berkembang. Untuk aspek pendanaan,sebanyak   40%   dari  alumni Hetero  for  Startup berhasil mendapatkan pendanaan.

Dana  itu untuk  bisa mengembangkan bisnis mereka.“Program   Hetero   for   Startup   Season   3   memiliki tujuan  yang  mulia dalam mendukung  inovasi,pengembangan bisnis dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia. “Kami berharap bahwa program ini tidak hanya akan memberikan hasil posif bagi para peserta, tetapi juga bagi komunitas dan ekosistem bisnissecara keseluruhan,” terang Agung. (Her)