UNISRI GELAR PEMBEKALAN RATUSAN CALON WISUDAWAN, PROF, DR. SUTOYO : KOMITMEN LEMBAGA UNTUK MAHASISWA SETELAH LULUS

Prof. Dr, Sutoyo, MPd ketika memberikan pengarahan kepada calon wisudawan Unsri Surakarta.

SOLO (JURNALKREASINDO.COM) - Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta memberi pelatihan pembekalan bagi ratusan  calon wisudawan, pada Selasa (15/10/2022) di Editorium kampus setempat. Hal ini dilakukan sebagai komitmen lembaga untuk memberi bekal pada mahasiswa setelah lulus.

Acara tersebut dengan mengusung tema ‘Pendidikan dan Pelatihan Pengembangan Kepribadian’ bagi Calon Wisudawan Periode II angkatan tahun 2018’. Ungkapan itu diutarakan Rektor Unisri Surakarta, Prof. Dr. Drs Sutoyo, MPd dalam pidatonya yang menyampaikantentang  ‘Kunci Sukses Dalam Bekerja" .

Materi ini sangat penting, mengingat para calon wisudawan akan terjun langsung di dunia kerja setelah menyelesaikan kuliah, secara rinci Sutoyo memaparkan tentang menggunakan relasi komunitas. “Mahasiswa mestinya harus banyak teman di berbagai tempat, karena ini merupakan suatu keuntungan tersendiri” paparnya. 

Ratusan mahasiswa calon wisudawan, dengan penuh perhatian dan kidmat mengikuti  pembekalan.

Dengan banyaknya teman diberbagai relasi, mahasiswa dapat menggali informasi sebanyak- banyaknya dalam dunia kerja. Dalam pembekalan, Sutoyo menyebut orang yang mempunyai sedikit kenalan atau relasi, maka akan lebih sulit mencari pekerjaan. Selanjutnya, temui alumnus senior untuk selalu menjalin komunikasi yang baik dengan alumnus setelah lulus kuliah.

Media Cetak dan Elektronik

Senior biasanya lebih banyak mengetahui peluang pekerjaan dan potensi kerja yang sesuai dengan bakat yang dimiliki. Dengan demikian, maka akan lebih mudah dalam mencari pekerjaan sesuai dengan yang dicita-citakan. Selain itu, jug harus bisa memanfaatkan informasi melalui media cetak dan elektronik.

Pada era yang semakin berkembang, manusia akan terbantu dengan kehadiran berbagai media cetak maupun elektronik. Banyak informasi - informasi yang bisa didapat melalui berbagai media tersebut ketika mencari pekerjaan. Disamping itu para lulusan harus dapat memanfaatkan media sosial. “Sekarang ini hampir semua orang menggunakan media sosial dalam kesehariannya” katanya

 Oleh sebab itu, media sosial dapat dimanfaatkan dalam berbagai hal, salah satunya mencari kerja. Follow akun sosial media seperti instagram, facebook, twitter dan berbagai website yang menyediakan lowongan pekerjaan. “Ikuti  job for kampus, dengan terlibat aktif dalam bebagai acara di kampus, maka calon wisudawan akan mendapatkan pengalaman relasi dan nilai tambah” pungkasnya. (Her)