WEBINAR HARI PELANGGAN  NASIONAL ROEMAH TIGA: KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN PERLU DICAPAI PELAKU BISNIS

 






SOLO (JURNALKREASINDO.COM) - Kepuasan pelanggan perlu dicapai oleh perusahaan atau lembaga di Indonesia. Selain kepuasan pelanggan, loyalitas pelanggan sangat penting untuk capaian bagi pelaku bisnis. Bagi para pelaku bisnis agar selalu ber inovasi,

semakin meningkatkan etos pelayanan pelanggan.
Hal itulah yang mengemuka dari Webinar Hari Perayaan Pelanggan dengan tema besar Digital Banking dan Fintech; Kepuasan, Loyalitas, dan Keamanan, Jumat (3/9/2021). Acara ini terselenggara  atas dukungan dari BCA, Tokopedia, IHS, dan Frontier. 




Roemah Tiga merupakan Keluarga Besar Alumni SMA N 3 Surakarta lintas angkatan yang diresmikan sejak tanggal 3 Agustus 2019. Dengan banyak sekali alumni SMA N 3 Surakarta yang bergerak di bidang Banking, pelayanan pelanggan dan pebisnis, maka acara ini merupakan bagian dari perayaan Hari Kepuasan Pelanggan sekaligus perkuatan sinergi antara Roemah Tiga dengan BCA, Tokopedia, Frontier

dan IHS sebagai stakeholder yang telah dan akan terus membantu Roemah Tiga mewujudkan beberapa program kerja.
Sebelum acara webinar pihak IHS memberi beasiswa studi total Rp 100 juta dari IHS.
Sementara dari BCA memberi dana sebesar Rp 250 juta dari BCA untuk Roemah Tiga untuk pendanaan program 7 PPKP. BCA juga mendonasikan sepuluh laptop dan sepuluh HP.
Hari Pelanggan Nasional mulai dirayakan setiap 4 September dengan inisiasi dari Handi Irawan.
Selanjutnya Hari Pelanggan Nasional dideklarasikan pertama kali oleh Megawati Soekarno Putri pada tahun 2003. Hari tersebut diperingati sebagai aspirasi bahwa Indonedia membutuhkan revolusi kepuasan pelanggan melalui pelayanan yang berkualitas dan keteladanan pimpinan dalam melayani pelanggan.
Acara yang dimulai sejak pukul 13.45 – 16.30 WIB dibuka oleh Ketua Umum Roemah Tiga Monica Subiakto. Sebagai pembicara Perry Warjiyo selaku ketua dewan penasehat Roemah Tiga dan Gubernur Bank Indonesia. Handi Irawan selaku CEO Frontier sekaligus penasehat Roemah Tiga, Jahja Setiaatmaja selaku CEO BCA, Pandu Patria Sjahrir selaku managing partner Indies Capital Partners, serta Leontinus A. Edison selaku co-founder Tokopedia.
Perry Warjiyo
Gubernur Bank Indonesia
Ketua Dewan Penasehat Roemah Tiga diantaranya mengupas tentang Standarisasi open Application Programming Interfaces (API) Pembayaran (SNAP) antara bank dan fintech. "SNAP merupakan standar nasional yang ditetapkan BI atas seperangkat protokol dan instruksi yang memfasilitasi interkoneksi antar-aplikasi secara terbuka dalam pemprosesan transaksi pembayaran.
Penetapan SNAP bertujuan menciptakan industri sistem pembayaran yang sehat, kompetitif, dan inovatif sehingga dapat menyediakan layanan sistem pembayaran kepada masyarakat yang efisien, aman dan andal." ujar Perry Warjiyo.
Perry menambahkan penyusunan SNAP dilakukan oleh Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) dengan membentuk Working Group (WG) Nasional.
Acara webinar berlangsung sukses, dan merupakan wujud nyata sinergi yang positif dan membangun antara Roemah Tiga dengan para pelaku bisnis alumni SMA N 3 Surakarta.
Beberapa program kerja yang sedang berjalan dan akan terus berkembang dengan bantuan sponsor dari stakeholder di antaranya: Edu Expo, sarana Pendidikan berkualitas, siswa asuh, persembahan untuk guru berprestasi, bimbingan masuk PTN, beasiswa ‘R3 Wants You’, dan bantuan sarana try out assessment nasional.
Acara ini berjalan dengan sangat seru meskipun dilakukan secara online melalui zoom meeting. Ada banyak sekali doorprize, adapun doorprize berupa emas, laptop, serta beberapa goodiebag paket vitamin Avimac dari PT Itama Ranoraya.  Baik Roemah Tiga maupun SMA N 3 Surakarta mengadakan acara ini dengan tujuan merangkul seluruh alumni untuk bersama membangun sekolah dan wadah alumni, serta semakin meningkatkan etos pelayanan pelanggan bagi para pelaku bisnis. (Njar)