PWI CABANG SOLO IKUTI PERINGATAN HARI PERS NASIONAL 2022 DI KENDARI

 

Drs. Tamso, MM (duduk), bersama sekretaris PWI Cabang Surakarta, Eko Prasetyo, setelah memberikan arahannya.

 SOLO (JURNALKREASINDO.COM) - Rombongan pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Solo terdiri Budi Santoso (Dewan Kehormatan PWI Solo), Waluyo Adi Siswanto, PhD (Dewan Pakar PWI Solo) dan Eko Prasetyo (Sekretaris PWI Solo) mengikuti rangkaian peringatan Hari Pers Nasional  tahun 2022 mulai tanggal  7 - 12 Februari 2022 di Kendari, Sulawesi Tenggara.

"Selain Upacara di Pelataran Masjid Al Alam, Kendari, juga Seminar Digital, Konvensi Nasional Media Massa, termasuk penganugerah Kebudayaan PWI Tahun 2022 untuk 9 Bupati dan Walikota" ungkap Waluyo Adi Siswanto pada Kamis (10/02/2022 di sela-sela acara HPN 2022, Kendari.

Waluyo mengatakan, bupati yang dapat anugerahan Kebudayaan masing-masing bupati Sumbawa Barat (H.W Musyafirin), Bupati Buton Sulawesi Tenggara (LA Bakry), Walikota Solo (Gibran Rakabuming Raka), Walikota Bengkulu (H. Helmi Hasan) dan sebagainya. Disamping itu, menurut Waluyo, juga dilengkapi penganugerahan Jurnalistik Adinegoro. " Tahun 2023 mendatang, HPN 2023 dilaksanakan di Medan," ungkap Budi Santoso.

Kota Budaya Modern

Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Kota Surakarta Drs. Tamso, MM mewakili Walikota Gibran Rakabuming Raka dalam Dialog kebudayaan bersama 9 bupati/walikota penerima anugerah mengatakan, kegiatan budaya sangat banyak, hampir tiap minggu ada kegiatan budaya. "Pentas budaya tetap berjalan dengan prokes ketat, melalui system offline terbatas dan juga online atau streaming,” ungkapnya.


Tamso dalam paparannya juga mengatakan “Setelah dilantik beliau membuat visi, mewujudkan Kota Surakarta sebagai kota budaya yang modern, tangguh, gesit, kreatif dan sejahtera. Dari visi tersebut beliau memprioritaskan dua program unggulan yang pertama, percepatan vaksinasi yang kedua pemulihan ekonomi. 

Percepatan vaksinasi sudah dilakukan dan sampai bulan Oktober 2021 mencapai target 119%. Harapannya, dengan percepatan vaksinasi ini, masyarakat Surakarta dapat terlindungi dari covid-19. Dalam pelaksanaan PPKM dibentuk jaga tonggo, di masing-masing RT/RW, tugasnya membantu Pemerintah menanggulangi bahaya covid, setiap minggu ada laporan dari jaga tonggo untuk evaluasi PPKM.

Pembelajaran Jarak Jauh

Menurut Tamso, di bidang pendidikan, untuk mendukung pembelajaran jarak jauh, melalui dana CSR memberikan bantuan HP kepada siswa tidak mampu, Di bidang ekonomi, ada BST daerah ada bansos daerah untuk perlindungan masyarakat terdampak covid-19.

Dibidang ekonomi, berupa pemberdayaan ekonomi melalui kerja sama dan melakukan transaksi-transaksi secara online, termasuk di pasar-pasar seperti Pasar Gede dan Klewer. Dialog Kebudayaan dibuka oleh Ketua Dewan Pers Muhammad Nuh dan diikuti oleh 9 Kabupaten/Kota Penerima Anugerah Kebudayaan PWI Tahun 2022, yakni Sumbawa Barat, Buton, Padang Panjang, Lamandao, Bengkulu,  Indramayu, Surakarta, Lamongan dan Magetan.

Tamso mengatakan, dialog Kebudayaan merupakan salah satu rangkaian acara peringatan Hari Pers Nasional, dengan acara puncak penerimaan Anugerah Kebudayaan besok tanggal 9 Februari 2022 di Kompleks Masjid Al Alam Kendari. (Eps)