HALAL BI HALAL DI KAMPUS UNISRI PENUH MAKNA RELIGIUS

 

Suasana Halal Bi Halal di Kampus Unisri Surakarta yang penuh0 makna religius.

SOLO (JURNALKREASINDO.COM) – Mengutip kalimat yang pernah diucapkan Khalifah Ali bin Abi Thalib, Rektor Universitas Slamet Riyadi, Prof, Dr, Drs Sutoyo, MPd mengatakan, Jika hari ini lebih baik dari hari kemarin, maka termasuk orang yang beruntung.

Ungkapan Sutoyo itu diutarakan saat membuka acara Halal Bi Halal di Kampus, Rektor Unisri, pada Rabu (26/04/2023). “Jika hari ini sama dengan hari kemarin, maka termasuk orang yang merugi. Dan jika hari ini lebih buruk dari hari kemarin, maka termasuk orang yang celaka” ungkapnya

Dengan demikian, siapapun tentu saja tidak memilih yang kedua dan letiga, tapi yang pertama, yakni orang yang beruntung.  Acara itu sekaligus menandai para karyawan masuk kerja di hari pertama, setelah libur lebaran.

Budaya Membanggakan

Dalam kesempatan itu, Prof Dr Sutoyo juga mengingatkan, Syawal adalah bulan peningkatan, selain bulan yang penuh berkah untuk saling memaafkan. Karena itu, rektor mendorong para civitas akademika untuk mengoptimalkan potensi mereka masing-masing demi kemajuan Unisri.

Sementara itu dalam laporannya, ketua panitia pelaksana Suntoro Wardoyo menyampaikan, kegiatan halal bi halal tersebut merupakan tradisi budaya tetapi budaya yang betul-betul menjadi kebanggaan. "Karena umat muslim telah menyelesaikan puasa ramadhan selama satu bulan” ujarnya

Maka tibalah kini untuk berbahagia dan saling memaafkan. Pada kesempatan itu tausiyah diisi olrh  KH Bambang SAg. Dalam tausiyahnya, Bambang menyebut makna  dari halal bi halal yaitu senyum, salam dan sapa serta tak lupa berjabat tangan, berdoa dan saling memaafkan. (Her)